Usai Baiat dan Mendapat Wejangan Kyai NU, Pasangan KarSa Mantab Mengikuti Pilkada Lamongan

Lamongan – Usai dibaiat dan mendapat tausiyah dari para Kyai NU (Nahdlatul Ulama), pasangan Kartika Hidayati dan Sa’im (KarSa) semakin memantabkan diri dalam mengikuti kontestasi Pilkada di Lamongan. Prosesi pembaitan dan tausiyah tersebut dilaksanakan di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur.

“Dengan adanya pembaitan ini, kami (KarSa) makin mantap mengemban amanat para Kyai NU, khususnya yang ada di Jawa Timur,” kata Bunda Kartika, sapaan akrabnya, Minggu (30/8/2020).

Bunda Kartika menjelaskan, sebenarnya pasangan KarSa dibaiat pada gelombang I tanggal 20 Agustus 2020 bersamaan dengan penerimaan form model B-1 KWK Parpol PKB, namun karena yang hadir hanya dirinya maka baiat dilakukan pada gelombang II yang berlangsung di PP Lirboyo.

“Seandainya hari ini harus dibaiat lagi, itu karena harus bersama pak Sa’im (pasangan calon wakil bupati). Waktu itu dia berhalangan karena ikut sekolah partai kepala daerah yang diselenggarakan DPP PDI Perjuangan,” jelasnya.

Dalam proses pembaiatan tersebut, menurut Bunda Kartika, hadir dalam kesempatan tersebut Gus War (KH Anwar Iskandar), KH Anwar Mansur, Gus Salam dan Ketua DPW PKB Jawa Timur Gus Halim Iskandar di Pondok Pesantren Lirboyo.

“Selain baiat, Gus War juga memberikan tausiyah agar kami bisa menjadi pemimpin daerah yang benar-benar berjuang untuk rakyat dan bangsa,” sambung Ketua Muslimat NU Lamongan tersebut.

Menurut Bunda Kartika, Gus War berpesan agar ketika memipin nantinya harus dilandasi dengan agama agar tidak sewenang-wenang terhadap kebijakannya.

“Begitu juga sebaliknya agama tanpa kekuasaan tidak bisa memberi manfaat kepada rakyat secara keseluruhan. Dengan kebijakannya akan memberi manfaat kepada rakyat yang dipimpin dan kasih sayang yang berkeadilan,” jelasnya.

Sementara itu, Bakal Calon Wakil Bupati Sa’im mengaku senang karena telah menjalani proses pembaiatan dan menerima tausiyah serta doa restu dari para kyai NU di Ponpes Lirboyo Kediri.

“Alhamdulilah, kami (KarSa) mendapatkan doa dari para kyai NU. Di hari baik, yakni Jumat tanggal 4 September 2020, pasangan KarSa dengan koalisi PKB-PDI Perjuangan pasti mendaftar Pilbup Lamongan di KPU Lamongan,” tandasnya.