Tol Surabaya-Mojokerto Akhirnya Diresmikan

JAKARTA, jatimpost.com – ‎ Tol Surabaya-Mojokerto seksi IB, II dan III dengan total panjang 15,5 km akhirnya siap beroperasi pada Selasa 19 Desember 2017 besok. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan langsung pengoperasian jalan bebas hambatan yang meliputi Seksi IB Sepanjang-WRR (4,3 KM), Seksi ll WRR-Driyorejo (5,1 Km), dan Seksi III Driyorejo-Krian (6,1 Km) tersebut.

Dilansir detikFinance, (18/12/2017), berdasarkan informasi dari Kementerian PUPR, dengan beroperasinya 15,5 km jalan tol tersebut, maka kini Jalan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) sudah beroperasi penuh sepanjang 36,27 km yang membentang dari Kota Surabaya-Mojokerto. Tol ini juga termasuk salah satu tol yang terlambat jadwal pengoperasiannya dari target yang sudah diproyeksikan di awal tahun oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Di awal tahun, tol ini diproyeksi bisa beroperasi pada bulan Oktober lalu. Di awal November lalu, pengoperasian Tol Sumo sejatinya telah bisa dilalukan menyusul surat keputusan laik jalan yang diterbitkan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan Nomor AJ.409/1/9/DRJD/2017 tanggal 1 November 2017, dan Berita Acara Evaluasi Laik Fungsi Nomor BA.202.2/BPJT/JL.03.04/2017 tanggal 27 Oktober 2017. Berdasarkan landasan tersebut, dinyatakan bahwa Jalan Tol Surabaya-Mojokerto Seksi IB, Seksi II, dan Seksi III (Sepanjang-Krian) dinyatakan laik operasi dan dapat dioperasikan sebagai jalan tol.

Namun jadwal pengoperasian yang menunggu jadwal Presiden Jokowi membuat Tol ini harus menunggu jadwal operasi secara resmi. Tol yang dioperasikan oleh PT Jasa Marga Surabaya Mojokerto, anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk ini pun diharapakan dapat meningkatkan perkembangan ekonomi sekitar, karena akan mempermurah ongkos transportasi.