Tingkatkan Perekonomian, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang Bangun Terminal Wisata dikawasan Madyopuro

Foto Istimewa

JatimPost, Malang – Ditengah masa pandemi Covid-19 begitu banyak yang terdampak hususnya dalam sektor perekonomiannya. Begitu juga halnya di Kota Malang sendiri yang saat ini sedang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Dalam upaya membangkitkan perekonomian pasca Covid-19 mendatang, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang berencana akan mendirikan Terminal Wisata di sekitar kawasan Madyopuro guna membangkitkan perekonomian dan juga sebagai titik pemberangkatan maupun transit bagi para wisatawan yang hendak berpergian ke Bromo.

“pemilihan lokasi Terminal Wisata ini kemungkinan ada di daerah Madyopuro, karena termasuk lokasi yang sangat sepi, jadi kami ingin membangkitkan perekonomian warga disekitar sana,” ujar Kepala Dishub Kota Malang, Handi Priyanto, Senin (18/01/2021).

Handi menjelaskan, keberadaan Terminal Wisata Madyopuro bisa dipergunakan oleh para paguyuban Jeep yang ada di Kota Malang untuk bisa menjemput para wisatawan langsung dari Madyopuro menuju Bromo.

Selain itu, pihak Dinas Perhubungan Kota Malang mengaku bahwa telah menggelar sosialisasi kepada paguyupan jeep untuk  mendirikan Terminal Wisata di sekitar kawasan Madyopuro.

“Sosialisasi sudah kita lakukan, apalagi paguyuban Jeep di Kota Malang juga banyak dan sudah kita ajak sosialisasi. Nanti Terminal tersebut bisa menjadi tempat pemberangkatan Jeep, bisa juga ngetem di sana. Jadi wisatawan yang mau ke Bromo itu kan biasanya kebingungan untuk mencari Jeep kemana, kalau gak harus ke Poncokusumo dulu atau ke Tumpang. Nah nanti kalau sudah ada Terminal Wisata itu jadi wisatawan enak bisa langsung dari situ ke Bromo, apalagi juga dekat exit tol,” jelasnya.

Terkait anggaran pihaknya menyebut sudah menganggarkan dari APBD 2021, soal konsep Terminal Wisata Madyopuro juga rencana akan dilengkapi beberapa fasilitas pendukung guna meningkatkan perekonomian di kawasan tersebut.

“Kalau anggaran sekitar Rp 1 miliar sudah kita siapkan dari APBD 2021. Mudah-mudahan nanti kita bisa bangun pujasera, Mushala dan juga ruang tunggu bagi para wisatawan yang akan berangkat ke Bromo ya,” pungkasnya.