Tingkatkan PAD Jatim, Politisi PKB Athoillah Sarankan Gubernur Lakukan Revitalisasi BUMD

Anggota Fraksi PKB DPRD Jawa Timur Ahmad Athoillah

Jatimpost.com – Politisi PKB Jawa Timur Ahmad Athoillah memberikan saran kepada Gubernur Jawa Timur untuk segera melakukan revitalisasi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang berada di bawah naungan Pemprov Jatim. Saran tersebut diberikan dalam rangka untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Jawa Timur.

Athoillah berperdapat, revitalisasi bisa dimulai dengan melakukan restrukturisasi dipucuk jabatan seperti di BUMD PT Petrogas Jatim Utama (PJU). Pasalnya, direktur utama dari perusahaan tersebut masih dijabat oleh seorang Plt.

“Masak perusahaan sekelas Petrogas yang bergerak dibidang gas dan minyak bumi sampai saat ini masih dipimpin oleh seorang Plt,” ungkap anggota Komisi B DPRD Jawa Timur itu, Jumat (18/6/2021).

Ia menyarankan peruhaan milik daerah perlu memperbaikan proses rekrutmen setiap jabatan dengan prinsip good corporate governance, yang menekankan pada transparansi, akuntabilitas, responbility dan kesetaraan. Dengan cara yang demikian, BUMD akan berjalan sehat dan bisa menjadi sumber PAD Jawa Timur.

“Pola strategi bisnis di BUMD sangat perlu perbaikan dengan melibatkan akademisi untuk memperbaikan manajemen perusahan. Kita yakin itu bisa membantu perusahan berjalan dengan baik,” jelasnya.

Politisi asal dapil Jombang-Mojokerto itu juga menyindir langkah-langkah perusahaan plat merah tersebut dalam melakukan inovasi, salah satunya membuat pakta integritas yang berisi pernyataan atau janji terkait komitmen melaksanakan tugas. Bagi Athoillah, hal tersebut adalah tindakan sia-sia tanpa adanya perubahan sistem manajemen di dalamnya.