Tiga Paslon Cabub dan Cawabub Dibaiat di Lirboyo, Gus Halim: Kyai Selalu Menguatkan Tentang Pandangan Kebangsaan

Foto Istimewa

Jatimpost.com – Tiga bakal calon bupati (Bacabup) dan Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabub) masing-masing dari Kabupaten Blitar, Ponorogo, dan Lamongan, menjalani proses pembaiatan yang diadakan oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Timur.

Pembaiatan tersebut diselenggarakan di Gedung Serba Guna Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Minggu (30/8/2020) siang. Tiga Paslon Bacabub dan Bacawabub yang menjalani proses pembaiatan tersebut adalah Kartika Hidayati dan Saim dari Lamongan, kemudian disusul Mak Rini dan Rahmad Santoso dari Kabupaten Blitar, kemudian Ipong Muchlissoni dan Bambang Tri Wahono dari Ponorogo.

Tiga Paslon tersebut dibaiat oleh para masyayikh yang dipimpin langsung oleh Rois Syuriah PWNU Jatim KH. Anwar Mansyur yang juga sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Kediri beserta para kiai sepuh.

Ketua DPW PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar mengatakan, Kegiatan Tausiyah dan Baiat ini dilakukan di Lirboyo karena ‘ngeman’ kyai sepuh.

“Karena kondisi ditengah pandemi, jadi untuk ‘ngeman’ kyai sepuh, kita sowan kesini. Acara ini terbatas dan tertutup, yaitu tadi, ‘ngeman’ para kyai,” terangnya.

Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) menjelaskan, setiap pasangan bakal calon yang diusung oleh PKB selalu disowankan kepada para kyai NU. Para pasangan ini nantinya akan mendapatkan tausiyah dan juga baiat dari para kiyai.

“Kalau kyai selalu menguatkan tentang pandangan kebangsaan, keberpihakan terhadap masyarakat. Intinya bagaimana mereka nantinya dalam memimpin warganya, yang pasti berkepihakan kepada rakyat. Kalau saya simpulkan, selalu dawuh para kiai terkait dengan keberpihakan kepada rakyat, siapa pun rakyatnya” kata Gus Halim yang juga menjabat sebagai Menteri Desa PDTT ini.

Gus Halim mengatakan, hari ini, Minggu adalah gelombang kedua pembaiatan calon-calon dari Kabupaten Blitar, Ponorogo dan Lamongan. Karena sebelumnya pembaiatan gelombang pertama telah dilaksanakan di Surabaya, kemarin hari Sabtu (22/8/2020) yang bertempat di hotel Mercure Grand Mirama Surabaya.

Selain itu, Gus Halim juga yakin jika pasangan bakal calon kepala daerah yang diusung PKB memiliki potensi besar untuk memenagkan Pilkada tahun ini. karena semuanya dilandasi dari hasil survey yang menunjukan tren positif pada pasangan calon tersebut.

Perlu diketahui, dalam acara tertutup ini sejumlah perwakilan DPC PKB dan beberapa pasangan calon kepala daerah yang diusung dari berbagai daerah di Jawa Timur, juga turut serta mendatangi Ponpes Lirboyo.