Tenaga Medis di Banyuwangi Sembuh dari Covid-19

Foto Istimewa

Banyuwangi – Salah satu tenaga medis di Banyuwangi yang sempat terkonfirmasi terinfeksi corona virus disease (Covid-19) dinyatakan sembuh. Kini, ada empat dari 10 pasien positif corona di Banyuwangi yang dinyatakan sembuh. Dengan demikian, tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Banyuwangi mencapai 40 persen.

Satu tambahan pasien sembuh adalah Orang Tanpa Gejala (OTG) yang berprofesi sebagai perawat. Dia sembuh usai menjalani perawatan selama dua pekan.

“Dengan demikian, tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Banyuwangi mencapai 40 persen,” kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 Banyuwangi, dr. Widji Lestariono, Senin (8/6/2020).

Menurut Rio sapaan akrab Widji Lestariono, ia sembuh usai menjalani perawatan selama dua pekan. Kesembuhan pasien ini menyusul hasil swab ulang yang keluar akhir pekan lalu.

“Pasien sudah dua kali swab dinyatakan negatif. Pada 5 Juni dinyatakan negatif, dan akhir pekan lalu hasil swab juga negatif,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, pasien tersebut adalah salah seorang tenaga kesehatan yang mengikuti rapid test massal untuk tenaga kesehatan pada 19 Mei 2020. Pasien tersebut adalah satu dari 23 tenaga kesehatan yang saat itu hasil rapid test-nya reaktif. Kepada 23 tenaga medis tersebut lalu diambil swab untuk diuji di Surabaya.

“Kemudian tenaga medis tersebut lalu diambil swab untuk diuji di Surabaya. Hasilnya, ada satu yang dinyatakan positif. Sedangkan 22 orang lainnya negatif,” tandasnya.

Saat ini, jumlah pasien positif di Banyuwangi sebanyak 10 orang, di mana 4 orang dinyatakan sembuh, 5 orang perawatan, dan 1 orang meninggal.

Sementara pasien dalam pengawasan (PDP) 38 orang. Adapun Orang Dalam Pengawasan (ODP) sebanyak 862 orang.