Tari Godril Meriahkan Peringatan HUT PGRI Lumajang, Cak Thoriq : “Tarian Godril Ini Harus Kita Lestarikan”

Cak Thoriq dan Mbak Farin sedang nari godril bersama ribuan orang di lapangan Senduro.

Lumajang. Jatimpost.com ­– Ada yang menarik pada peringatan HUT PGRI ke 74 dan HUT KORPRI Lumajang tahun ini yang diselenggarakan di Lapangan Kecamatan Senduro, Rabu (15/1/20). Dalam Acara tersebut, ribuan orang menari tari Godril bersama.

Bahkan Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) bersama ketua TP PKK Musfarinah Thoriq yang hadir juga ikut berbaur dan menari tari Godril bersama-sama masyarakat.

Dalam sambutannya, Cak Thoriq menyampaikan tari Godril ini sudah menjadi kesenian asli masyarakat Lumajang, oleh sebab itu pihaknya akan terus melestarikan tarian tersebut agar terus terjaga sebagai budaya masyarakat Lumajang.

“Tari Godril ini akan terus kita lestarikan. Di Senduro ini sebagai titik awal. Bulan yang akan datang, kita akan melaksanakan tari Godril yang pesertanya lebih dari seribu yang akan melibatkan semua pelajar di Kabupaten Lumajang,” ujarnya.

Ia juga berharap, tari Godril bisa ditampilkan dalam berbagai kegiatan, mulai dari tingakat Kecamatan hingga Kabupaten.

Sementara, ditemui di tempat yang berbeda, Camat Senduro, Misjoko berharap kegiatan Tari Godril massal tersebut diharapakan menjadi salah satu daya dukung potensi wisata yang ada di Kecamatan Senduro.

“Ini untuk memperkenalkan dan memasyarakatkan Tari Godril Lumajangan yang menjadi ikonik Kabupaten Lumajang, sejak tadi malam sudah banyak wisatawan asing yang sengaja melihat latihan dan persiapan,” terangnya. [hy]