Tak Hanya Beri Bantuan Pokok, PKB Jatim Juga Adakan Trauma Healing untuk Pengungsi Korban Terdampak Semeru

Bendahara PKB Jatim, Fauzan Fuadi saat turun langsung ke Lumajang untuk berikan Trauma Healing pada anak-anak korban terdampak Erupsi Gunung Semeru

Jatimpost.com – DPW PKB Jawa Timur dengan gencar menyalurkan bantuan kepada korban Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang Jatim.

Sebelumnya, Selasa (7/12/2021) kemarin PKB Jatim bahkan turun tangan mengecek langsung keadaan di lokasi pengungsian korban APG Gunung Semeru.

Bertempat di posko Gus Muhaimin Peduli Gunung Semeru PKB di Masjid Ulil Albab, Candipuro terlihat Anik Maslachah Sekretaris PKB Jatim sibuk memberikan bantuan, didampingi Bendahara PKB Jatim, Fauzan Fuadi, Wakil Ketua PKB Jatim, Aliyadi Mustofa, Ketua Garda Bangsa Jatim, Ubaidillah dan Wakil Ketua DPRD Surabaya, Laila Mufida serta sejumlah kader dari Gemasaba dan Garda Bangsa Jatim.

“Tidak hanya menyalurkan bantuan, kami langsung mengadakan trauma healing untuk pengungsi terutama anak-anak dan orangtua, agar mereka tidak takut dan trauma,” kata Fauzan

Ketua Fraksi PKB Jatim ini mengatakan, personil relawan langsung disebarkan ke 20 titik lokasi pengungsian membawa berbagai logistik bantuan. Mulai dari ratusan kardus besar popok anak-anak dan obat-obatan untuk pengidap sakit ringan, ratusan pcs selimut, mukena, sarung serta air mineral.

“Kita juga bawa 5000 pakain buat anak-anak dan 50 dus makanan ringan,” ujar politisi dapil Bojonegoro-Tuban ini.

Lebih lanjut, Fazan memantau beberapa lokasi pengungsian, ia mengatakan persediaan makanan di posko pengungsian dirasanya cukup untuk persediaan konsumsi selama di pengungsian.

Ia berpendapat, jika ada pihak-pihak yang ingin membantu, menurutnya lebih baik disalurkan dengan bentuk lain, seperti penyediaan sarana dan prasana misalnya kamar mandi, sanitasi dan tempat cuci.

“Hemat saya, di lapangan sudah sangat banyak bantuan yang berbentuk pakaian dan makana. Kedepan bantuan bisa dalam bentuk lain misalnya pengadaan MCK, tenaga therapy trauma healing untuk mengisi waktu senggang anak. Karena mereka juga kehilangan sekolahnya,” paparnya.

Tidak hanya itu, sambil lalu memantau kondisi Semeru, pihaknya akan terus mengawal kebijakan pemerintah khususnya yang mengarah kepada penyediaan layanan umum dan rekontruksi jalan dan rumah untuk pemukiman.

“Untuk kepentingan penataan jangka panjang, Fraksi PKB Jatim berkomitmen turut serta dalam memastikan berbagai hal terkait pemukiman baru, infrastruktur dan fasilutas umum yang rusak agar segera diperbaiki kembali,” kata mantan aktivis PMII ini.

Untuk posko Gus Muhaimin sediri PKB sudah menyiapkan 10 posko, dengan posko pusat di Ponpes Ulul Albab Candi Puro Lumajang, posko di  Tompo kersan RT 2 RW 29 Lumajang, di Balai desa Tempeh Kidul, Balai Desa Lempeni, Balai Desa Tempeh Lor, Balai Desa Pandan Arum, Masjid An Nur Kampung Baru Lumajang, Posko Haji Ali Karang Bendo Lumajang.

Selanjutnya Posko (rumah Pak Mudhar Sumber Kajar) Sumber Wululuh Candi Puro, Rumah Pak Madun Dusun Kebondeli Selatan Candipuro dan Posko Pabrik Nangkai Desa Sumber Wuluh.