Seperti Sinetron di TV, Video Jenazah Tertukar di Surabaya Bikin Heboh Warga

Jenazah yang tertukan dimasukkan ke ambulans lagi oelh petugas (Foto: Tangkapan layar)

Surabaya, Jatimpost.com – Viral sebuah video yang menampilkan kejadian tertukarnya jenazah layaknya sinetron di televisi membuat heboh warga di Surabaya. Kejadian tertukarnya jenazah itu diketahui saat hendak akan dikuburkan yang kemudian ramai diperbincangkan di aplikasi percakapan.

Dalam video berdurasi 1 menit 39 detik tersebut memperlihatkan beberapa petugas dengan ber-APD lengkap mengambil kembali peti mati yang terbungkus plastik dari kuburan. Lalu peti mati tersebut dibawa kembali ke dalam mobil ambulans yang terparkir di samping pemakaman.

Sedangkan untuk backround suara terdengar obrolan petugas ber-APD memasukkan peti mati ke dalam mobil dan suara isak tangis seorang perumpuan. Suara percakapan warga disekitar juga terdengar di dalam video tersebut.

“Diviralno ae, diviralno (Diviralkan saja, diviralkan),” ujar salah satu suara laki-laki yang terdengar di dalam video.

Dari informasi yang terhimpun, kejadian tersebut terjadi di Tempat Pemakaman Umum (TPU) di kawasan kelurahan Pagesangan. Jenazah yang dikuburkan pada saat itu seharusnya laki-laki. Namun saat hendak dikebumikan peti jenazah tersebut tertukar dengan peti jenazah perempuan yang beralamatkan di Wonocolo.

“Ya tertukar gitu aja. Mau dimasukkan ke liang lahat, tahu-tahu labelnya (di peti) perempuan dari Wonocolo. Yang dimakamkan kan seharusnya laki-laki, tapi namanya (jenazah perempuan) nggak tahu siapa tadi,” ungkap salah satu warga bernama Ponidi di Kelurahan Pagesangan, Surabaya, Rabu (24/6/20).

Kendati demikian, Ponidi tidak mengetahui yang dimakamkan meninggal karena COVID-19 atau tidak. Namun Ponidi memastikan protokol pemakamannya dilakukan oleh petugas ber-APD dan menggunakan peti.

“Semuanya pakai prosedur (protokol COVID-19),” ujar Ponidi.