Sebanyak 2300 Pelajar di Blitar Meriahkan Hari Sumpah Pemuda dengan Tari Jaranan Kolosal

foto istimewa

Blitar – Peringatan Sumpah Pemuda di Kabupaten Blitar, Jawa Timur berlangsung meriah. Sebanyak 2300 pelajar SMA dan SMK se Blitar Raya mempersembahkan penampilan tari kolosal kuda lumping atau jaranan usai upacara hari sumpah pemuda di Alun-alun Kanigoro Pemkab Blitar, Senin ( 28/10/2019).

Ribuan Siswa tersebut nampak kompak menari mengikuti irama gamelan yang juga dimainkan oleh para siswa tersebut, dan bupati Blitar Drs H Rijanto MM pun ikut turun dari panggung penghormatan untuk ikut menari bersama pelajar.

“Upacara hari Sumpah Pemuda hari ini luar biasa karena ada suguhan tari kolosal kuda lumping. Sebanyak 95 sekolah terlibat dalam tari kolosal ini,” kata Rijanto.

Bupati mengatakan, tarian jaranan adalah Jaranan Trail yang merupakan warisan budaya khas Blitar. Pemkab Blitar akan terus melestarikan Jaranan Trail itu, salah satunya dengan menjadikan tari itu sebagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

“Inilah sebenarnya yang akan kita lestarikan dan kita kembangkan. Jaranan Trail pernah kita bawa ke Los Angeles untuk tampil di sana,” ujarnya.

Bupati mengatakan, melalui pementasan Tari Kolosal itu, diharapkan rasa cinta pemuda terhadap budaya warisan leluhur semakin terpupuk. Menurutnya, rasa cinta itu harus ditanamkan sejak dini pada pemuda sehingga mereka betul betul menjadi pewaris budaya dan selalu melestarikannya.

“Maka tidak salah mereka di hari sumpah pemuda ini berpartisipasi untuk tari kuda lumping. Semoga nanti mereka menjadi orang hebat untuk melestarikan budaya,” tandasnya.