SBY Kembali Absen di Pertemuan Koalisi Prabowo-Sandi

Jakarta – Ada yang janggal saat ketum parpol pendukung Prabowo-Sandi berkumpul untuk memutuskan nama koalisi dan susunan timses semalam. Ketiadaan SBY diantara para ketum Parpol menimbulkan tanda tanya besar.

Pertemuan bertempat di kediaman bakal capres sekaligus ketum Gerindra, Prabowo Subianto di Jl Kertanegara, Jakarta Selatan. Tampak hadir Zulkifli Hasan ketum PAN dan Sohibul Iman Presiden PKS, dua parpol pendukung serta bakal cawapres Sandiaga Uno.

Ketidakhadiran SBY diwakili oleh Waketum Demokrat Syarief Hasan.

Ditanya tentang absenya SBY pada pertemuan tersebut, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani mengatakan bahwa hasil rapat akan disampaikan kepada SBY. Hasil itu berkenaan dengan penetapan nama koalisi, yakni Koalisi Indonesia Adil Makmur.

“Tadi Pak Syarif sudah membawa semua apa yang dibicarakan di sini dan Pak Syarif akan menyampaikan atau melaporkan kepada ketua umum Partai Demokrat, Pak SBY tentu saja,” kata Muzani dihadapan awak media, Selasa (18/9/2018).

Ini bukan pertama kali SBY absen dalam pertemuan koalisi Prabowo-Sandiaga. Pada 7 September 2018, SBY tidak hadir saat Prabowo menggelar rapat bersama para ketum koalisi.

Saat deklarasi Prabowo-Sandi pada Kamis (9/8), SBY dan jajaran Partai Demokrat juga memilih absen dan menggelar rapat internal. SBY juga tidak hadir saat pendaftaran pasangan Prabowo-Sandi ke KPU pada Jumat (10/8). Kehadiran SBY saat itu diwakili Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan elite lain. PSI sempat meledek ketidakhadiran SBY dengan menyebut koalisi Prabowo-Sandi sebagai koalisi tak kuorum.[mm]