Savana Gunung Bromo Terbakar, Balai Besar TNBTS Terjunkan Tim Gabungan

Jatimpost.com – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di savana Gunung Bromo wilayah Jemplang. Tim gabungan sudah diterjunkan untuk upaya pemadaman.


Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menyebut, kebakaran melanda savana Gunung Bromo. Api baru diketahui sekitar pukul 09.00 WIB pagi. Sebagian savana yang mengalami kebakaran masuk wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang.


“Iya benar, ada kebakaran di sekitar savana Jemplang. Masuk wilayah Malang dan sebagian Lumajang,” ujar Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani kepada wartawan, Rabu (30/8/2023).
Septi mengaku, pihaknya telah menerjunkan tim gabungan dalam penanganan kebakaran yang terjadi di wilayah Kabupaten Malang dan sebagian Kabupaten Lumajang tersebut.


“Untuk sementara belum terdampak, tapi kami mengimbau agar wisatawan tetap untuk ikut menjaga kawasan agar tidak membuat sumber api,” sebutnya.


Balai besar TNBTS juga meminta wisatawan yang melintas pada kawasan yang berdekatan dengan lokasi kebakaran untuk selalu berhati-hati dan tidak menghalangi petugas yang tengah melakukan proses pengendalian dan pemadaman api.


“Untuk sementara wisata belum terdampak. Tapi kami meminta kendaraan yang melintas untuk berhati-hati, serta tidak menghalangi petugas yang melakukan pemadaman dengan berkerumun atau melintas pada lokasi tersebut,” harapnya.


Kawasan Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Timur. Pada 2022, tercatat dikunjungi sebanyak 318.919 wisatawan, yang terbagi dari 310.418 pengunjung merupakan wisatawan nusantara dan sebanyak 8.501 merupakan wisatawan asing.


Sebelumnya, kebakaran juga terjadi pada kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di jalur pendakian Gunung Semeru. Adanya kebakaran tersebut sudah berhasil dipadamkan.