Santap Menu Hajatan, Belasan Warga di Lamongan Alami Keracunan

Foto Istimewa

Lamongan, JatimpostBelasan warga Kelurahan Babat, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan terpaksa harus dilarikan ke Puskesmas karena mengalami keracunan. Keracunan itu diduga terjadi usai mereka menyantap hidangan di acara nikah di salah satu rumah warga kelurahan setempat.

Berdasarkan keterangan dari Sekretaris Kelurahan Babat, Deni Yudho Asmoro, warganya mengaku merasakan keluhan pusing dan mual, setelah menghadiri hajatan yang diselenggarakan Ibu Sulati dan Pak Maftukin, warga Jalan Sunan Giri, RT 3, RW 11, Lingkungan Gilang KA, Kelurahan / Kecamatan Babat.

“Hajatan itu Senin tanggal 3 kemaren, kemudian keesokan harinya baru merasakan keluhan perut sakit, pusing, mutah-mutah, kemudian ada yang menggigil seperti kedinginan,” kata Deni, Kamis (6/8/2020).

Kepala Puskesmas Babat dr Sri Murni membenarkan jika saat ini mereka tengah merawat 15 pasien dari Gilang, Kelurahan/Kecamatan Babat dengan keluhan saat masuk yang sama yang diduga akibat keracunan makanan usai menghadiri hajatan.

 “Ada 15 pasien, dewasa 10 dan anak-anak 5. Kini kondisinya sudah membaik. Pasien ini datang dengan keluhan muntah,mual, pusing dan mencret usai menyantap soto dan es mentimun,” Tandas Murni.

Untuk mengetahui penyebab pasti gejala keracunan yang dialami warga kelurahan Babat ini, pihak pukesmas sudah mengirim sampel makanan dan minuman yang di konsumsi warga ke laboratorium.

Hasilnya baru akan diketahui dalam beberapa hari kedepan. Para pasien yang saat ini dirawat akan diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing setelah kondisinya benar-benar sudah pulih.