Reses Akhir Tahun, Sekretaris Fraksi PKB Jatim Galang Aspirasi Masyarakat Susun Perda Pesanten

Jatimpost.com – Sekretaris Fraksi PKB DPRD Jawa Timur Ahmad Tamim gelar seres akhir tahun dengan cara galang aspirasi masyarakat untuk membentuk Raperda tentang Pengembangan Pesantren. Kegiatan tersebut dilakukan untuk menggali materi yang akan dimuat dalam raperda yang menjadi inisiatif dari Fraksi PKB.

“Raperda ini tentu butuh masukan, saran dan pertimbangan dari banyak khalayak. Dalam reses kali ini, kami menggali masukan dari para tokoh agama, masyarakat dan juga santri untuk ikut berkontribusi membentuk perda pesantren,” ungkapnya saat gelar reses di MI Nurul Huda Desa Bendowulung Kec. Sanankulon Kabupaten Blitar, Minggu (8/11/2020).

Anggota komisi A itu mengatakan bahwa semangat dalam membentuk raperda tentang pengembangan pesantren tidak terlepas dari aspirasi dari berbagai pondok pesantren di Jawa Timur, yang mengharapkan adanya kebijakan yang benar berpihak kepada pesantren.

Meskipun pada dasarnya, kata Gus Tamim, jika ditarik pada sejarah, memang sudah sepantasnya pesantren mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. karena pesantren sebagai lembaga pendidikan sudah berkontribusi besar terhadap tumbuh kembangnya anak bangsa sebagai penerus yang berahklakul karimah.

“Pendidikan karakter  dan keagamaan ada di pesantren. Selain itu, pesantren sebagai lembaga pemberdayaan masyarakat dan ini perlu diketahui semua,” sambungnya.

Tidak hanya terkait soal menggalang aspirasi untuk pembentukan raperda pesantren. Mantan aktivis GP Ansor iitu juga mendengarkan berbagai aspirasi yang datang dari warga. Mulai dari soal bosda madin, pertanian, pengembangan pelatihan pemberdayaan perempuan, permohonan bantuan pembangunan yayasan, pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana, permohonan untuk peningkatan kesejahteraan dan insentif bagi para guru madrasah.

Aspirasi tersebut akan dibawa dalam rapat dewan di sidang paripurna bersama Gubernur Jawa Timur.