Refreksi 10 Muharram, Perempuan Bangsa Jatim Berbagi Kebahagiaan dengan Anak Yatim

Sekretaris DPW Perempuan Bangsa Jatim Umi Zahrok saat memberikan santunan kepada anak yatim

Jatimpost.com – DPW Perempuan Bangsa Jawa Timur berbagi kebahagiaan dengan anak yatim yang berada di wilayah Surabaya, Jumat (20/8/2021) dalam rangka memperingati 10 Muharram 1443 Hijriyah. Berbagi kebahagiaan tersebut diselenggaran di Aula Graha GD Kantor DPW PKB Jawa Timur.

Sekretaris DPW Perempuan Bangsa Jawa Timur, Umi Zahrok mengatakan bahwa berbagi santunan untuk anak yatim tersebut merupakan kegiatan serentak secara nasional yang dikomandoi oleh DPP Perempuan Bangsa. Hal tersebut untuk merespon bertambahnya jumlah anak yatim karena ditinggal orang tuanya akibat covid-19. Sehingga Perempuan Bangsa perlu mengambil peranan penanganan terdampak covid-19, diantaranya dengan cara memberikan santunan.

“Refeksi 10 Muharram ini untuk menghadirkan kebahagiaan, kegembiraan adik-adik yatim. Sehingga tumbuh harapan mencapai cita-cita mereka,” ungkap anggota Fraksi PKB DPRD Jatim itu.

Perempuan Bangsa Jawa Timur bertekat untuk memberikan pendampingan terhadap anak yatim yang ada di Jawa Timur. Pendampingan tersebut untuk memastikan anak yatim mendapatkan hak-haknya, diantaranya adalah hak untuk mendapatkan pelayanan dasar, seperti kesehatan dan pendidikan.

“Kita pastikan mereka mendapatkan kehidupan layak, termasuk jaminan mendapatkan pendidikan,” sambungnya.

Anggota Komisi E Jawa Timur itu bertekat mendorong anak yatim tersebut untuk bisa melanjutkan jenjang pendidikan di pesantren. Sebab, di lembaga pendidikan pesantren sudah menerapkan pendidikan karakter dan dinilai sangat baik untuk tumbuh kembangnya seorang anak.

“Bisa meneruskan pendidikan di pesantren. Tujuannya untuk membangun dan memberikan pemahaman islam moderat. Selain itu agar mereka terbangun sikap akhlakul karimah dan islam ahlussunnah wal jamaah bisa terinternalisasi, itu penting,” pungkasnya.