Ratusan Warga Surabaya Antre Beli Sembako Murah di Lumbung Pangan Jatim

Foto Istimewa

Surabaya – Program Lumbung Pangan Jawa Timur diminati masyarakat. Ini ditunjukkan dari ratusan orang mengantre untuk membeli sembilan bahan kebutuhan pokok (sembako) dengan harga murah dalam program Lumbung Pangan Jawa Timur yang diinisiasi Pemerintah Provinsi Jatim di Gedung JX International, Jalan Ahmad Yani, Surabaya.

Mereka yang akan masuk ke lokasi Lumbung Pangan Jatim harus antre dengan duduk di kursi yang berjarak satu meter, dan diharuskan untuk mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Yaitu, harus mengenakan masker dan juga dicek suhu tubuhnya dengan Thermo Gun.

Program Lumbung Pangan Jatim yang digelar untuk membantu masyarakat di tengah pandemik COVID-19 sekaligus menjelang Ramadan 1441 Hijriah tersebut baru dibuka akan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada pukul 15.30 WIB sore.

Selain itu, petugas dengan ketat mengontrol penerapan physical distansing. Saat antrean membayar masyarakat harus duduk di kursi yang telah disediakan.

Sehingga, antreannya dalam kondisi duduk, dan kursinya pun ditata dengan jarak sekitar 2 meter. Sehingga, interaksi dan jarak antarorang benar-benar terjaga demi mencegah penularan Covid-19.

“Diatur masuknya setiap 40 orang, yang lain menunggu dan duduk di kursi-kursi antrean,” ucap salah seorang panitia, Selasa (21/4/2020).

Selain itu warga Rungkut sehari-hari bekerja sebagai pengurus Panti Asuhan Medokan Ayu, Suprapto, Ia mengatakan memperoleh informasi sembako murah dari sebaran chat yang beredar di grup whatsapp.

Menurutnya pelayanan hari ini cukup bagus dan kegiatan ini sangat membantu bagi masyarakat terdampak wabah Covid-19.

“Di saat masa sulit seperti ini pemerintah harus turun tangan untuk membantu masyarakat,” tandas Suprapto.

Sebenarnya bahan kebutuhan pokok di Lumbung Pangan Jatim sebenarnya juga bisa dipesan secara dalam jaringan (daring) dengan transportasi bebas ongkos kirim bagi masyarakat yang berlokasi sekitar 20 kilometer dari Gedung JX International.

Lumbung Pangan Jatim menyediakan aneka sembako yang dijual dengan harga murah di bawah harga pasar. Misalnya beras dijual dalam kemasan 5 kilogram dengan harga mulai Rp 53.500 hingga Rp 57.700.

Sedangkan telur ayam bisa diperoleh warga masyarakat dengan harga Rp 21.500 per kilogram, lalu untuk minyak goreng bisa dibeli dengan harga Rp 11.500 per liter, dan bawang putih dijual dengan harga Rp 21.000 per kilogram.

Tidak hanya itu, Lumbung Pangan Jatim juga menyediakan ayam beku dengan harga Rp 26 ribu per kilogram serta gula yang dijual dengan harga jauh lebih murah dibanding harga pasar, yaitu dengan harga Rp 12.500 per kilogram. Serta ikan dori fillet dengan harga Rp 35 ribu per kilogram.