Puncak Kartini Day, Perempuan Bangsa Jatim Berbagi dengan Kaum Duafa

Jatimpost.com – DPW Perempuan Bangsa Jawa Timur menggelar berbagai acara dalam peringatan Hari Kartini atau Kartini Day. Salah satu acara puncaknya tersebut, Perempuan Bangsa Jatim memilih untuk berbagi kebahagiaan dengan kaum duafa di wilayah Surabaya yang diselenggaran di Grha Kantor DPW PKB Jatim Gayungsari Timur No 33 Surabaya pada 24 April 2022.

Dalam kesempatan itu, Perempuan Bangsa Jatim memilih mengundang kaum duafa untuk berbagi santunan dan sekaligus buka puasa bersama. Tampak wajah penuh kebagiaan, baik dari kader-kader Perempuan Bangsa yang berkesempatan untuk berbagi di bulan suci Ramadhan dan juga senyum bahagia dari kaum duafa yang mendapatkan bantuan sembako dan uang tunai.

Ketua Perempuan Bangsa Jawa Timur Hikmah Bafaqih menuturkan bahwa pihaknya sengaja menutup acara Kartini Day berbagi dengan kaum duafa sebagai bagian dari bentuk syukur di bulan Ramadhan. Hal itu dilakukan karena ia masih melihat banyak kaum duafa, utamanya kaum perempuan yang belum beruntung secara ekonomi dan belum sepenuhnya bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sehingga perayaan bulan Ramadhan dijalani dengan kehidupan jauh dari kata sederhana.

“Untuk itu, kita putuskan untuk berbagi santunan dengan mereka, setidaknya sedikit membantu untuk mereka,” ungkap Wakil Ketua Komisi E DPRD Jawa Timur itu.

Usai berbagi santutan, kegiatan dilanjutkan dengan talkshow Hybrif bertema Nutrisi dan Diet Sehat bersama Ketua Asosiasi Nutrisionos Indonesia Dr Adryanto. Talkshow berjalan santai tersebut membahas seputar pemenuhan gizi di dalam keluarga. Hal tersebut yang biasanya menjadi tanggung jawab perempuan sebagai ibu dan pihak yang biasa bertanggung jawab dalam pemenuhan gizi keluarga. Sehingga pemahaman pemenuhan nutrisi bagi keluarga sangatlah penting untuk mehindarkan anak dari stunting atau kekurangan gizi.

Lebih lanjut, Hikmah menjelaskan bahwa kegiatan berbagi tidak hanya dilakukan di Surabaya, namun sebelumnya kegiatan berbagi juga dilakukan di Kota malang pada 21 April 2022. Perempuan Bangsa memberikan santunan untuk kaum duafa di wilayah Kota Malang.

“Perempuan Bangsa di beberapa titik menjadikan Kartini Day sebagai momen untuk berbagi,” terangnya.