Psikologi FIP UNESA Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat Pada Siswa Baru SMK di Surabaya

Jatimpost.com – Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan topik “Pelatihan Efikasi Diri Pada Siswa Baru SMK di Surabaya”. Kegiatan ini bekerjasama dengan SMK Wachid Hasyim Surabaya.

Pelatihan Efikasi Diri ini dilaksanakan secara online selama 2 hari yaitu tanggal 1 Oktober dan 2 Oktober 2021 melalui aplikasi zoom. Peserta kegiatan ini diikuti oleh 60 siswa baru SMK Wachid Hasyim Surabaya.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan oleh tim pelaksana PKM dari Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya yang terdiri dari Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi., Psikolog, Olievia Prabandini Mulyana, M.Psi., Psikolog, Ni Wayan Sukmawati Puspitadewi, M.Psi, Psikolog serta tim mahasiswa psikologi. Selain itu kegiatan ini juga diisi oleh narasumber yang memiliki kepakaran dalam materi ini yaitu Ibu Agustina Dwi Rahmawati, M.Psi., Psikolog, Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi., Psikolog dan Olievia Prabandini Mulyana, M.Psi., Psikolog,

Umi Anugerah Izzati selaku ketua Tim PKM mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi siswa baru SMK tentang pentingnya memiliki efikasi diri dan cara-cara meningkatkan efikasi diri. “Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta memiliki keyakinan atas potensi dirinya, dapat mengorganisasikan dan melaksanakan tindakan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan”.

Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari sebagian besar peserta.
“kegiatan pelatihan ini materinya sangat menarik, ada games yang seru dan bagus dan narasumbernya dapat menyampaikan materi secara komunikatif serta mudah dipahami.” Ucap salah satu peserta

Peserta juga menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam menjalani studi sebagai siswa.