Politisi PKB Cangkruk Bareng Pokdarwis Cari Solusi Peningkatan Wisata Sumber Biru

Jatimpost.com – Politisi PKB Jawa Timur Ahmad Athoillah hari ini, Rabu 24 Juni 2020 berkunjung  ke area wisata Sumber Biru Dusun Wonotirto Desa Wonomerto Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. Seperti biasa, politisi muda itu senang cangkruk (diskusi) dengan pegiat wisata, Kelompok Sadar Wisata (POkdarwis) guna mendengan keluh kesah sambil mencari solusi atas masalah yang ada. Salah satu topik yang dibicarakan adalah peningkatan sektor pariwisata sumber biru.

Wisata sumber biru menjadi salah satu tempat wisata di Jombang yang terdampak covid-19. Sebab, sejak Bulan maret kemarin, wisata baru yang dikelola langsung oleh masyarakat setempat itu tidak beroperasi hingga hari ini. Akibatnya, kelompok masyarakat pengelola tidak mendapatkan penghasilan. Tidak hanya itu, para pedagang makanan dan souvenir di area wisata tersebut juga merasakan dampaknya.

Wisata alam rencana akan kembali dibuka 27 Juni mulai itu berbenah, mulai membersihkan fasilitas yang ada. Mereka tampak kompak dan penuh semangat menjadi hal yang menarik perhatian Athoillah. Termasuk dalam hal diskusi mencari solusi meningkatkan daya jual wisata Sumber Biru, mulai dari manajemen pengelolaan wisata, konsep wisata alam hingga pemasaran untuk menarik wisatawan.

Pria yang biasa disapa Mas Atho’ tersebut juga mengupayakan bisa menarik Dinas Pariwisata Jawa Timur dalam membantu dan memberikan edukasi manajemen wisata. Wisata alam yang baru di bangun oleh masyarakat tersebut memerlukan dukungan dari pamerintah.

Anggota Komisi B DPRD Jatim itu yakin jika wisata Sumber Biru bisa menarik wisatawan akan mampu meningkatan perekonomian masyarakat sekitar. Sektor jasa dan UMKM dipastikan akan ikut berkembang di wilayah tersebut.

“Pariwisata di suatu Desa bisa menopang kebutuhan ekonomi warga sekitar, tidak menutup kemungkinan sektor lainnya pun akan mengikutinya. Selain itu, kemandirian warga dalam mengelola wisata ini harus mendapatkan apresiasi dan dukungan langsung dari pemerintah terkait,”pungkasnya.