PKB Realisasi Bantuan Rp 444 Miliar untuk NU se-Jawa Timur

Jatimpost.com – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah Merealisasikan janji politiknya untuk warga Jawa Timur khususnya warga nahdliyin. Realisasi tersebut adalah berupa bentuk bantuan kebijakan anggaran senilai Rp 444 Miliar sepanjang 2020-2021.

Besaran bantuan tersebut untuk pembangunan sarana dan prasarana pendidikan madrasah dan pondok pesantren, sarana dan prasarana kesehatan rumah sakit NU dan klinik NU di wilayah Jawa Timur, pemenuhan kendaraan operasional keorganisasian untuk PCNU, MWC NU, dan banom NU seperti Fatayat, Muslimat, IPNU, IPPNU  dan Ansor. Data bantuan tersebut disampaikan oleh PKB dalam acara Doa bersama Ulama dan Habaib yang diikuti oleh ribuan kiai sepuh dan kiai kampung se-Jawa Timur di Gedung Dyandra Convention Center Surabaya, Minggu (22/5/2022).

Dalam acara tersebut perwakilan penerima bantuan turut hadir, seperti perwakilan dari Fatayat NU Jatim, Perwakilan dari Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo Dr. Khoirul anam, Perwakilan dari PCNU Pasuruan KH Imron Mutamakkin, Ketua Muslimat NU Situbondo Nyao Mas’udah, PC Fatayat Muslimat NU Kabupaten Malang, Rijalul Ansor Kab Tulungagung Ust Imam Sayuti dan puluhan perwakilan dari berbagai daerah di Jawa Timur. Para perwakilan tersebut menerima langsung penyerahan simbolik dari Ketua Umum PKB Gus Muhaimin Iskandar dan disaksikan oleh para kiai sepuh dan kiai kampung se-Jawa Timur.

Supporting kebijakan anggaran untuk warga nahdliyin bagi PKB adalah bagian dari visi misi partai. Sekretaris DPW PKB Jawa Timur, Anik Maslachah menjelaskan bahwa selama ini  dunia pendidikan pesantren, madrasah belum sepenuhnya mendapatkan perhatian dibandingkan dengan pendidikan formal pada umumnya. Sehingga kehadiran PKB di pemerintahan diharapkan bisa memperjuangkan kepentingan warga nahdliyin, diantaranya adalah perjuangan di sektor pendidikan.

“Kebijakan anggaran dan support bantuan untuk NU-warga nahdliyin adalah bagian dari khidmat PKB kepada NU dan ini yang tertanam pada diri politisi PKB,” ungkap Anik yang juga turut mensukseskan acara doa bersama dan halal bihalal bersama Gus Muhaimin.

 Kebijakan anggaran dan bantuan untuk warga nahdliyin kata Wakil Ketua DPRD Jatim itu akan terus berlanjut. Pasalnya, tahun 2022 ini, Fraksi PKB juga telah menganggarkan bantuan senilai Rp 300 M untuk warga nahdliyin. Besar anggaran tersebut dipastikan terealisasi hingga akhir tahun 2022 jika tidak ada perubahan di postur APBD Jatim.