PKB Jatim Sambut Baik Siapapun Yang Ingin Merapat ke PKB

Jatimpost.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPW) PKB Jawa Timur tetap satu suara mendukung Ketua Umum DPP PKB, abdul Muhaimin Iskandar maju presiden di tahun 2024.

Hal itu dikatakan Sekretaris DPW PKB Jatim, Anik Maslachah. Ia mengatakan, PKB tetap membuka tangan dan menyambut baik terhadap siapa saja yang mau berkualisi dengan PKB. Termasuk, gandengan Gus Muhaimin dengan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto yang santer diwacanakan.

“Saya pikir itu hal positif, dengan siapapun kita siap. Yang terpenting ada kesepakatan antara partai pengantar. Yang pasti kader PKB sih berkehendak ketum (Gus Muhaimin) di capresnya,” kata Anik.

Wakil Ketua DPRD Jatim ini mengatakan, kualisi untuk PKB saat ini memang dibutuhkan. Sebab, secara elektoral partai, PKB hanya memiliki 10 persen suara parlemen di RI. Sedangkan ambang batas sebuah partai bisa mencalonkan diri, sedikitnya harus memiliki 20 persen suara parlemen.

“Karena secara elektoral partai, secara presidensial treshold, kita tidak sampai karena harus 20 persen, hanya 10 persen lebih. Secara otomatis harus melakukan kualisi, persoalan posisi nanti capres atau cawapres itu kan butuh duduk bareng,” ujarnya.

Politisi asal Sidoarjo ini menuturkan, memang hal lumrah jika harus bekerja sama lintas partai. Sebab persaingan dalam kompetisi adalah suatu yang wajar-wajar saja. Yang terpenting kesepakatan yang dudah dibangun harus dijaga.

“Saya pikir yang namanya kompetisi kayak gini semuanya bersaing, sah-sah saja lah. Dan itu hal yang wajar, yang penting ada kesepakatan,” katanya.