Permuda Layanan Hukum, Pengadilan Agama Lumajang Gelar Sidang Keliling di Desa-Desa

Foto Istimewa

JatimPost, Lumajang – Kantor Pengadilan Agama Kelas 1A Kabupaten Lumajang menggelar Sidang Keliling, pada hari ini, Jum’at tanggal 18 September 2020, di Desa Condro Kecamatan Pasirian.

Sidang keliling ini dirasa sangat bermakna bagi para pihak yang mencari keadilan yang mendambakan access to justice (akses dalam memperoleh keadilan) karena baru pertama kali pula pelaksanaannya dilakukan didaerah tersebut sehingga betul-betul bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar.

Pelaksanaan sidang tersebut bertujuan untuk mempermuda bagi masyarakat Kecamatan Tempeh, Kecamatan Pasirian, Kecamatan Candipuro, Kecamatan Tempursari dan Kecamatan Pronojiwo.

Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Lumajang Dr Hj Lailatul Arofah MH, menjelaskan Sidang keliling ini dimaksudkan sebagai sidang pengadilan yang dilaksanakan di luar gedung pengadilan khususnya bagi masyarakat yang mengalami hambatan untuk datang ke kantor pengadilan lantaran  jarak yang sangat jauh dan berdampak pada biaya transportasi.

“Sidang keliling diadakan agar lokasi sidang lebih dekat dengan tempat tinggal yang mengajukan perkara. Dengan begitu, biaya transportasi lebih ringan serta bisa lebih menghemat waktu,” jelas Laila, Jumat (18/9/2020).

Selain itu, dalam sidang keliling di Desa Condro Pasirian, jumlah perkara yang ditangani dalam sidang tersebut ada 28 perkara. Menurut Lailatul Arofah, ke-28 perkara itu meliputi 5 perkara voluntair (permohonan) dan 23 perkara contentius (gugatan). Sidang keliling selama tahun 2020, digelar sebanyak 6 kali.

“Hari ini adalah sidang keliling yang kelima. Pekan depan, tanggal 25 September merupakan sidang keliling yang terakhir,” kata Alumni Fakultas Syariah IAIN Sunan Ampel (Sekarang UINSA) itu.