Peringati HSN 2020, DPC PKB Kabupaten Madiun Gelar Lomba untuk Santri

Madiun – Guna memeriahkan Hari Santri Nasional (HSN) pada 22 Oktober 2020 mendatang, DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar serangkaian kegiatan. Dengan melibatkan santri se-Kabupaten Madiun.

Peringatan HSN tahun ini bertema: “Santri Sehat Indonesia Kuat” diawali dengan kegiatan Lomba Festival Hadroh Al-Banjari.

“Santri sebagai generasi penerus harus paham sejarah, sejarah mencatat perjuangan santri melawan penjajah sangatlah gigih sampai perwira tinggi inggris mati ditangan seorang Santri,” terang Ketua DPC PKB Kab. Madiun, Muhtarom di Kantor DPC Minggu, (11/10/2020).

Tidak hanya itu, kata dia, 22 Oktober adalah hari Santri maka kita sebagai partainya para santri juga ikut memperingati semarak HSN 2020 semaksimal mungkin meskipun di masa pandemi Covid 19.

“Selain itu kami juga akan menggelar kegiatan musabaqah atau lomba baca kitab kuning atau kitab-kitab agama yang diajarkan di pesantren. Rangkaian HSN digelar dari 11 Oktober – 28 Oktober 2020,” katanya.

Istimewa

Mantan Bupati dua periode itu menuturkan, lomba baca kitab kuning selain untuk melestarikan tradisi keilmuan pesantren, juga diharapkan bisa memunculkan kader-kader Islam, yang menguasai kitab kuning sebagai bagian khasanah pesantren. Kegiatan lainnya, tambah Mbah Tarom, lomba Paduan Suara.

“Santri tidak hanya mengolah pikir dan hati saja tapi juga harus bisa mengolah suara” tuturnya.

Pihaknya juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai HSN. “Kita akan menggelar hari santri karena PKB memang didominasi para santri,” pungkasnya.