Pemkab Pacitan Lakukan Pemeliharaan Pada Jalan Yang Rusak

Gambar sebagai ilustrasi jalan rusak.

Pacitan, Jatimpost.com Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan ungkap ratusan jalan yang berada dimiliki dalam kondisi rusak ringan, sedang sampai berat.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat (PUPR) setempat, M Muslih, sedikitnya ada sekitar 280 km jalan kabupaten yang mengalami kerusakan.

“Tahun ini kita sudah siapkan anggaran untuk pemeliharaan dan rehabilitasi jalan yang rusak ringan, sedang, maupun rusak berat. Selain itu, juga akan ada kegiatan peningkatan jalan,” kata Muslih, Rabu (12/2).

Muslih mengungkapkan, bila diprosentase jalan dalam kondisi baik, ada sekitar 63 persen. Selebihnya dalam kondisi rusak ringan, sedang maupun berat. “Kondisi rusak ringan lebih banyak, bila dibandingkan rusak sedang ataupun berat,” jelasnya.

Masih menurut pejabat eselon III b ini, titik terbanyak jalan yang rusak ada dibelahan Timur dan Utara. Sementara yang belahan Barat yang notabenenya akses menuju objek wisata, sudah banyak tertangani.

“Kerusakan jalan tersebut mayoritas sebagai dampak bencana banjir Tahun 2017 lalu. Kita juga sudah menyampaikan usulan bantuan ke pusat melalui BPBD,” sebut Muslih.

Sementara itu dapat dilaporkan, bahwa panjang jalan kabupaten tercatat sepanjang 798 km. Sedangkan jalan poros desa sepanjang 614 km.