Magetan, Jatimpost.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan anggarkan ratusan juta rupiah dengan cara membelikan susu sapi sebagai penunjang daya tubuh untuk membantu para tenaga medis, petugas dan relawan Covid-19 di wilayah setempat.

Pemkab Magetan membeli produk susu sapi itu di Dusun Singolangu, Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan.

Kepala Bidang (Kabid) Usaha Tani Ternak, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Magetan, drh Nur Haryani mengungkapkan sejak beberapa bulan lalu hingga saat ini, susu yang sudah didistribusikan dari kelompok peternak sapi perah di Singolangu jumlahnya mencapai kurang lebih sekitar 31.049 liter atau sebanyak 4.435 termos. Yakni, dengan total anggaran sebesar Rp 620.980.000.

“Setiap hari didistribusikan sebanyak 500 liter. Yaitu, untuk posko-posko Covid-19 dan RSUD pada pagi dan sore hari. Sedangkan, untuk puskemas hanya pagi hari saja,” ungkapnya, (9/6/2020).

Meski demikian, pihaknya belum mengetahui sampai kapanĀ Pemkab MagetanĀ akan terus membeli susu sapi dari peternak yang tergabung di kelompok tani ternak sumber rejeki Singolangu. “Kami hanya melaksanakan perintah saja. Jadi, belum tahu sampai kapannya,” imbuh Kabid Usaha Tani Ternak Disnakan Magetan.