Muhdlor-Subandi Siapkan BPJS Gratis Untuk Warga ber-KTP Sidoarjo

Sidoarjo – Calon Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali atau Gus Muhdlor berkomitmen untuk meningkatkan fasilitas kesehatan masyarakat Sidoarjo. Salah satunya menyiapkan program BPJS gratis kepada masyarakat secara full.

Menurut Gus Muhdlor, program tersebut memang diperuntukkan kepada masyarakat Sidoarjo. caranya pun cukup mudah, hanya menyetorkan KTP saja dan fasilitas kesehatan di rumah sakit bisa didapat secara gratis.

“Jadi besok yang sakit cukup menunjukkan KTP Sidoarjo bakal mendapatkan layanan gratis. Begitu juga yang belum punya BPJS bakal didaftarkan gratis,” kata Gus Muhdlor.

Pendekatan Health Coverage ini, menurut Gus Muhdlor, sudah banyak dilakukan oleh negara-negara maju. Tujuannya untuk mengcover secara utuh biaya kesehatan masyarakat. Untuk itu, program ini akan diterapkannya pada kota Delta ketika terpilih nantinya.

“Healt Coverage inilah yang akan kita bawa ke Sidoarjo. karena kalau dihitung-hitung anggarannya juga tidak terlalu besar, hanya Rp 170 miliar. Sidoarjo sangat mampu, karena kapasitas fiskalnya 2,5 triliun,” beber alumnus Fisip Unair tersebut.

Berdasarkan data dari BPJS Kesehatan Sidoarjo, saat ini yang menerima fasilitas PBI (penerima bantuan iuran) APBD baru sekitar 102.872 warga. Rinciannya, 98 ribu dari Pemkab Sidoarjo dan 17 ribu dari Provinsi Jatim. Sehingga, dari data tersebut ada sekitar 300 ribuan masyarakat Kota Delta yang belum tercover fasilitas PBI dari jumlah total penduduk sebesar 1.926.588.

Dengan adanya realitas tersebut, Cabup yang didukung oleh PKB itu yakin bahwa dibawah pemerintahannya nanti akan benar-benar hadir untuk kemaslahatan masyarakat Sidoarjo.

“Dari data tersebut kami akan lakukan verifikasi dan validasi data, agar benar-benar tepat sasaran. Kami juga menyiapkan dukungan sekitar 45 puskesmas rujukan,” pungkas paslon Nomor Urut 2 tersebut.