Momen HUT Pramuka ke 60, Khofifah Ajak Anggota Pramuka Berperan Aktif Atasi Pandemi

Foto Istimewa

Surabaya/Jatimpost.com – Di momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka yang ke-60 Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Padawansa terus sosialisasikan masyarakat akan pentingnya taat terhadap protokol kesehatan.

Khofifah yang juga Ketua Majelis Pembina Daerah (Mabinda) Pramuka Jatim meminta seluruh anggota Pramuka di Jatim turut berperan aktif membantu masyarakat agar pulih dari pandemi ini, seperti membantu proses percepatan vaksinasi Covid-19.

Tren peningkatan kasus positif dengan varian delta menurut Khofifah benar-benar memukul kesehatan yang berdampak kepada ajloknya pada perekonomian masyarakat.

“Pulau Jawa berkontribusi besar terhadap perekonomian sehingga juga akan mempengaruhi outlook ekonomi kita. Semakin cepat pemutusan mata rantai penularan Covid-19 , maka semakin cepat pula ekonomi kita pulih,” kata Khofifah.

Kendati demikian, respon pemerintah dengan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan percepatan vaksinasi. Hasilnya, dalam beberapa hari terakhir, menunjukkan pengaruh positif, dengan kasus harian aktif yang semakin melandai.

kebijakan ini mulai menunjukkan hasil positif dimana terjadi penurunan tren pertambahan kasus harian serta kasus aktif yang makin melandai.

Khofifah membeberkan, capaian vaksinasi di Jatim per Jum’at (13/8/2021) untuk dosis pertama telah menyasar 8.069.388 penduduk atau 25,35 persen. Sedangkan untuk vaksinasi dosis kedua di Jatim, telah menyasar 3.869.213 atau 12,16 persen dari target.

Adapun sejumlah daerah yang telah melampaui 70 persen vaksinasi untuk dosis pertama yakni di Kota Surabaya sebanyak 1.620.158 atau 73,04 dari target vaksinasi. Dan, Kota Mojokerto dengan capaian vaksinasi dosis pertama mencapai 99.667 penduduk atau 98,15 dari target vaksinasi.