Mengungkap Alasan Dibalik Dukungan Wabup Trenggalek untuk Gus Ipul-Puti, Bukan Emil

Surabaya, jatimpost.com – Wakil Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin sudah menyatakan secara terang-terangan kepada media bahwa dirinya mendukung Cagub-Cawagub Jawa Timur Gus Ipul-Puti Soekarno. Dukungan tersebut sontak mengundang tanda tanya masyarakat Jawa Timur khususnya masyarakat Trenggalek. Karena, pria yang biasa disapa Gus Ipin tersebut merupakan wakil dari Bupati Emil Dardak yang saat ini menjadi Cawagub dari Khofifah Indar Parawansa.

Ketika ditemui jatimpost.com, Gus Ipin mengungkapkan alasannya mengapa dukung Gus Ipul-Puti Soekarno. Menurutnya, ia hanya menjalankan perintah para kiai yang menginginkan Jawa Timur di pimpin oleh orang NU.

“Jadi kenapa Gus Ipul?, kita coba istiqomah derek dawuh’i kiai lah (ikut apa yang dikatakan kiai). Ya biar Jawa Timur ini makin adem. Atas bimbingan para ulama, kita bisa kerja lebih baik,” katanya saat menghadiri acara penetapan nomor urut Calon Gubernur Jatim di Hotel Mercure Surabaya (13/2/2018).

Lebih lanjut, ketika ditanya kenapa tidak mendukung Emil Dardak yang notabenya sebagai Bupati Trenggalek?, bukankah menjadi keuntungan bisa menggantikan Emil jika terpilih nantinya. Ia pun menjawab dengan lugas bahwa ia tidak mementingkan jabatan dan lebih mementingkan kebermanfaatan untuk masyarakat.

“Gak penting jabatannya, yang penting hikmahnya kepada masyarakat. Jadi gak usah kesusu (tidak perlu terburu-buru), santai aja, kita amankan dawuhnya mbah kiai, kita amankan gagasannya Bung Karno untuk Jawa Timur lebih baik,” terangnya.

Ia kemudian menanggapi nomor urut yang di dapat oleh pasangan Gus Ipul-Puti Soekarno. Baginya, nomor urut dua merupakan nomor kemenangan karena berlambang “V” yang tergambarkan dengan dua jari. “ V, victory, menang. Dan semoga rakyat yang menang. Dan ini lambang peace, damai. Jadi kabeh sedulur kabeh makmur (tagline Gus Ipul-Puti Soekarno),” pungkasnya[rc]