Mbak Puti Blusukan ke Pasar Brambang

Nganjuk, jatimpots.com – Bakal Calon Wakil Gubernur Jatim, Puti Guntur Soekarno, melakukan blusukan di Pasar Brambang, Desa Sukomoro, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk. Mbak Puti mendengarkan curahan hati  pedagang bawang, pedagang bawang mengeluhkan harga bawang dipasar terlalu rendah.

“Tolong ibu, kalau bisa dinaikkan,” keluh seorang pedagang dilansir dari tribunnewscom, jumat (09/02/2018).

Pedagang mengeluh harga bawang berkutat diharga Rp 8.000 – Rp 9.000, padahal dulu pernah mmencapai  Rp 15.000 per kilo. Mendapat curhatan ini, Puti mengatakan kepada para pedagang perlu adanya intervensi dari pemerintah untuk menjaga stabilitas harga komoditi.

“Ketika harganya anjlok, pemerintah bisa melakukan intervensi. Caranya adalah dengan membeli bawang itu,” kata Mbak Puti cucu Presiden Pertama RI, Ir Soekarno ini

Dalam hal ini Petani diharap tidak hanya menjual bawang merah  mentah saja, namun bisa melakukan pengembangan dalam produk bawang merah menjadi ekonomi kreatif. Misalnya dengan melakukan pengemasan bawang merah menjadi bawang goreng.

“Misalnya bawang merah dioleh menjadi bawang goreng. Namun, bawang goreng ini dikemas dalam packaging yang lebih menarik,” terang Mantan Anggota DPR RI ini.

Dapat juga untuk menarik konsumen produk bawang merah diproduksi beberapa varian tak asal menjual bawang goreng secara konvesional. Diharapkan produk ekonomi kreatif ini akan laku dijual bukan hanya untuk pasar lokal di intenal provinsi Jatim, namun juga dapat menjangkau lingkup nasional.

“Apalagi kalau sistem pemasarannya bukan hanya tatap muka, bisa juga dengan memanfaatkan e-commerce melalui pasar online,” pungkasnya.