Masduki Pastikan Korban Longsor Nganjuk Dapat Bantuan Rumah Dari Pemprov Jatim

jatimpost.com – Anggota Komisi D DPRD Jawa Timur Masduki memastikan bahwa warga korban longsor Desa Selopuro Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk akan mendapatkan bantuan pembangunan rumah dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Hal tersebut disampaikan Masduki usai melakukan kunjungan kerja ke Posko Longsor Desa Selopuro, Selasa 23 Februari 2021.

Politisi PKB Jatim itu menjelaskan, korban bencana longsor akan direlokasi ke wilayah yang lebih aman yang anggarannya berasal dari APBD Nganjuk dan APBD Pemprov Jatim. Pembebasan lahan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pemda Nganjuk, sedangkan pembangunan rumah menjadi tanggung jawab Pemprov Jatim.

“Aspirasi yang telah disampaikan dalam pertemuan tadi, menjadi bahan dalam rapat komisi untuk menentukan hal-hal yang perlu disempurnakan dalam penanganan korban longsor,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekda Nganjuk Mukhamad Yasin melaporkan, lokasi longsor saat ini sudah tidak lagi bisa menjadi tempat hunian warga, sehingga perlu disiapkan lahan baru sebagai tempat tinggal. Pihaknya menyiapkan kurang lebih 10 Ha yang merupakan hasil dari tukar guling dengan pihak Perhutani. Lahan tersebut terbagi 2,5 Ha untuk membangun 54 rumah layak huni dan sisanya untuk lahan persawahan korban longsor.

“Program rencana kita bisa diteruskan melalui usulan DPRD provinsi ke pemerintah pusat yaitu kementrian dan lembaga yang menjadi mitra komisi D/DPRD Prov, untuk proses realisasinya.” Katanya.