Lapas Tuban Tetap Tampung Warga Binaan, Meskipun Melebihi Kapasitas

Gambar sebagai ilustrasi warga binaan.

Tuban, Jatimpost.com – Lapas Tuban hari ini dihuni sebanyak 332 warga binaan, dari total kapasitas ruang tahanan sebanyak 266 orang. Jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tuban ini jelas melebihi kapasitas ruang tahanan.

“Hampir semua Lapas di Indonesia memang mengalami overload atau kelebihan jumlah warga binaan. Tak terkecuali juga di Lapas Tuban,” kata Kasi Binadik dan Humas Lapas Tuban, Subiyanto, Jum’at, (28/02/2020).

Meski overload, lanjut Biyanto, Lapas tidak boleh menolak masuknya tahanan yang sudah memenuhi syarat dan bukti penahanan.

“Kita di Lapas apabila dari pihak penahan mengirim tahanan, senyampang itu memenuhi syarat dan ada bukti penahanan ya kami terima meski over. Tidak boleh menolak,” paparnya.

Dijelaskannya, meski kapasitasnya tidak cukup, selama Lapas masih bisa menampung maka akan diterima. Kecuali jika sudah sangat penuh dan tidak memungkinkan menerima tahanan maka akan berkoordinasi dengan UPT lainnya.

“Selama kami bisa menampung meskipun over kita terima. Jika memang sangat penuh ya koordinasi dengan UPT lain,” jelas Biyanto.

Meski overload, Subiyanto menjamin jika hal tersebut tidak mengurangi kenyamanan dan pelayanan terhadap semua WBP. Pihak Lapas tetap memperhatikan hak warga binaan.

“Ya meski Overload kita tidak pernah ada permasalahan dari warga binaan. Soalnya kita juga selalu memperhatikan mereka,” jelas Kasi Binadik dan Humas Lapas Tuban, Subiyanto.