Kian Digandrungi, Gus Muhaimin Banjir Dukungan Kaum Perempuan Malang

Jatimpost.com – Popularitas Ketua Umum DPP PKB Gus Muhaimin Iskandar kian melejit di Jawa Timur yang membuatnya semakin digandrungi oleh kaum perempuan nahdlatul ulama. Hal itu terlihat dari berbagai deklarasi dukungan untuk Gus Muhaimin maju sebagai capres 2024 diberbagai titik daerah Jawa Timur, seperti Surabaya, Gresik, Lamongan, Pasuruan, Probolinggo, Mojokerto, Sidoarjo dan Bojonegoro.

Popularitas itu kemudian membuat Gus Muhaimin makin banjir dukungan, seperti yang terjadi di Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Ratusan perempuan yang tergabung dalam Aliansi Perempuan Muda NU Dampit Malang mendeklarasikan dukungan untuk Gus Muhaimin maju sebagai Capres 2024. koordinator Aliansi, Ike Listyawati menyampaikan alasan dirinya tertarik memberikan dukungan politik untuk Gus Muhaimin sejak dini. Ia bersama rekan-rekannya sangat merindukan sosok presiden yang memiliki latar belakang NU. Sosok tersebut ia temukan pada diri Gus Muhaimin yang tak lain keponakan Presiden RI ke-4 Gus Dur.

“Keinginan besar kami perempuan muda NU adalah Presiden RI dari NU, kami melihat Gus Muhaimin adalah kader NU yang tak lain adalah cucu pendiri NU,” ungkap Ike usai deklarasi, (5/2/2022).

Ike menilai, kepemimpinan Gus Muhaimin di PKB selama ini telah banyak dirasakan warga NU. Sebab, berbagai kebijakan politik di senayan sangat condong terhadap kepentingan-kepentingan warga nahdliyin.

“Banyak contohnya, contoh nyata hasil kepemimpinan Gus Muhaimin adalah lahirnya UU Pesantren, dana abadi buat pesantren. Sedangkan di daerah, PKB juga memperjuangkan Bosda Madin, itu hal yang luar biasa,” jelasnya .

Ketertarikan terhadap Gus Muhaimin, kata Ike adalah kepedulian terhadap perempuan. Gus Muhaimin dan partainya mendukung terbentuknya RUU TPKS (Tindak Pidana Kekerasan Seksual). RUU tersebut memberikan jaminan perlidungan perempuan dari predador seksual yang selam ini menjadi momok. “Itu yang membuat kami tak punya alasan untuk tidak mendukung Gus Muhaimin, Gus Muhaimin for presiden 2024,” sambungnya.