Kekeringan Landa Wilayah Bojonegoro, Polisi Salurkan Air Bersih

Foto Istimewa

Bojonegoro, Jatimpost Dampak musim kemarau di Kabupaten Bojonegoro membuat sejumlah warga di beberapa wilayah kesulitan air bersih, Salah satunya Desa Ngoro Gunung, Kecamatan Bubulan, Bojonegoro.

“Mulai bulan ini rata rata warga Ngoro kesulitan air bersih. Sumur-sumur mereka mulai kering. Ada yang minta ke tetangga bahkan ada yang ambil air di desa tetangga.” Jelas salah satu warga Ngoro Gunung, Rabu (9/9/2020).

Ada tiga dusun yakni Janurejo, Talunkepoh, dan Jomblang di yang sumur milik warganya mulai kering. Mereka saat ini mulai menggandalkan air dari sumur tetangga atau bahkan mengambil air di sumur Desa Sumberbendo yang berada di sebelah kampung.

Guna membantu masyarakat yang kekurangan air bersih di dusun tersebut, anggota jajaran Polres Bojonegoro memberikan bantuan air bersih kepada warga di dusun tersebut.

Sebanyak satu truk tangki air bersih dengan kapasitas 5 ribu liter, didistribusikan pada warga desa tersebut, sementara puluhan warga yang mengalami kesulitan air bersih, dengan suka-cita menerima bantuan tersebut sambil mambawa jerigen atau bak penampungan.

Kapolres Bojonegoro AKBP M. Budi Hendrawan mengatakan bahwa kegiatan pemberian air bersih merupakan wujud kepedulian polisi membantu warga dalam memenuhi kebutuhan terutama air bersih di saat musim kemarau seperti saat ini.

“Kami akan terus ciptakan kebersamaan dengan warga masyarakat. Membantu warga di saat membutuhkan karena mereka mitra kita,” ujar Budi.

Budi meminta Kapolsek yang daerahnya rawan kekeringan diharapkan bisa memantau dan melaporkan data sehingga bisa segera dan tepat untuk menyalurkan bantuan air bersih.

“Dengan memberikan bantuan air bersih, diharapkan bermanfaat bagi warga dan mampu dipergunakan dengan baik sehingga dapat membantu meringankan beban akibat kekeringan,” tandasnya.