Jelang Pilkada 2020, 3 Komisioner dan 6 pegawai KPU Situbondo Positif Covid-19

Foto Istimewa

Situbondo, Jatimpost.com Jelang pelaksanaan Pilkada 2020, Sebanyak 9 orang dalam kantor KPU Situbondo terpapar COVID-19. Mereka terdiri dari 3 komisioner dan 6 orang 9 orang pegawai sekretariat.

“Berdasarkan hasil swab, ada 9 orang di Sekretariat KPU Situbondo yang dinyatakan positif COVID-19,” kata Jubir Satgas COVID-19 Situbondo, Dadang Aries Bintoro, Sabtu (5/12/2020).

Dadang menjelaskan, saat ini 7 orang sedang menjalani isolasi di pusat karantina Pantai Pasir Putih Situbondo, sedangkan 2 orang lainnya berada di rumah masing-masing.

“Ada 7 orang yang menjalani karantina. Sementara yang 2 orang lagi isolasi mandiri di rumahnya masing-masing,” uajar  pria yang juga Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Situbondo itu.

Selain itu Jubir Satgas COVID-19 Situbondo lainnya, Akhmad Yulianto, mejelaskan, bahwa ada 7 orang yang menjalani karantina di Pasir Putih, salah satunya adalah Ketua KPU Situbondo Marwoto. Pria 47 tahun dinyatakan positif COVID-19, meskipun saat ini kondisinya cukup sehat dan tanpa gejala. Karena itu, Marwoto berkeinginan untuk dilakukan tes usap ulang kepada dirinya.

“Untuk yang 2 orang isolasi mandiri, karena kondisi rumahnya memang memungkinkan untuk menjalani isolasi mandiri,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, test swab sengaja dilakukan terhadap penyelenggara Pilkada, untuk memastikan mereka bebas dari COVID-19. Tes usap ini diikuti oleh 45 pegawai Sekretariat dan 5 orang Komisaris KPU Situbondo.

Dengan tambahan tersebut, sesuai data Satgas Covid-19 Situbondo per Jumat (4/12) sore kemarin, jumlah warga terkonfirmasi positif mencapai 1.150 orang. Rinciannya, sebanyak 125 dirawat, 932 sembuh, dan 93 orang meninggal dunia.

“Kami minta warga untuk lebih disiplin mematuhi protokol kesehatan. Tingkatkan imun dengan berolah raga , dan mengonsumsi vitamin yang dibutuhkan,” tandasnya.