Ini Yang Dilakukan RS Unair Surabaya Atasi Kejenuhan Para Nakes Yang Tangani Pasien Covid-19

Surabaya, jatimpost.com – Untuk mengatasi kejenuhan yang menimpa para nakes yang menangani pasien Covid-19, Rumah Sakit Unair Surabaya menyiapkan ruangan dormitory untuk tempat beristirahat bagi nakes yang mungkin tidak pulang.

“Ada ruang dormitory untuk perawat atau dokter yang mungkin tidak pulang. Entah karena capek atau butuh istirahat di rumah sakit dari pada riwa-riwi ke rumah,” kata Jubir Tim Satgas Corona RS Unair, dr Alfian Nur Rasyid SpP dilansir dari detikcom, Kamis (16/4/20).

Para nakes bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan di ruang dormitory. “Mereka disiapkan dormitory di rumah sakit, ada fasilitas yang bisa mereka manfaatkan. Ada tempat tidur, ada TV, internet gratis, mereka bisa mengurangi kejenuhan dan stress,” jelasnya.

Alfian menambahkan, selain itu pihaknya juga bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Unair dalam rangka menangani tenaga kesehatan yang mengalami gangguan tidak nyaman, seperti panik, sulit tidur, stress dan lainnya.

“Kita kerja sama dengan fakultas psikologi membantu memberikan ketenangan kepada tenaga kesehatan. Sehingga waktu memberikan pelayanan atau penanganan itu benar-benar fokus, tidak terbebani berbagai macam pikiran,” tambahnya.

Namun, syukur sampai saat ini tenaga kesehatan di RS Unair tidak ada yang mengalami gangguan tidak nyaman. Sebab saat menangani atau setelah menangani pasien Covid-19, para nakes saling memberikan support. Tidak jarang para nakes saling bertukar pikiran dan bercanda untuk menghilangkan kejenuhan.

“Biasanya kalau pas bersama guyon sama temen-temen atau cerita-cerita itu kan sudah menghilangkan stress. Termasuk kami, dokter juga memberikan support, memberikan edukasi, ya sedikit informasi,” imbuhnya. [aw]