Ini Tanggapan Ketua GP Ansor Jember Terkait Pemakzulan Bupati Faida

Ketua GP Ansor Jember Ayub Junaidi

Jember, Jatimpost.com – Pemakzulan Bupati Jember Faida oleh DPRD Jember yang dilakukan saat rapat paripurna penyampaian Hak Menyatakan Pendapat (HMP) mendapatkan tanggapan dari beberap akalangan. Salah satunya dari Ketua GP Ansor Jember, Ayub Junaidi.

Ayub menyampaikan, pemakzulan yang dilakukan adalah salah satu kewenangan dewan dalam melaksanakan fungsinya sebagai legislatif. “Sepanjang telah melalui mekanisme ya nggak ada masalah. Kan masih ada mekanisme selanjutnya. Jadi ya ikuti saja prosesnya,” kata Ayub Junaidi, Jumat (24/7/20).

Ayub berpendapat bahwa masyarakat Jember telah mewakilkan aspirasinya kepada wakil rakyat yang duduk di DPRD Jember. Oleh karena itu, pihaknya akan mengikuti apa yang sudah diputuskan oleh dewan sebagai wakil rakyat.

“Kita ya mengikuti saja apa yang disampaikan wakil kita yang duduk di DPRD Jember bagaimana prosesnya. Toh nantinya juga akan masih diuji di Mahkamah Agung (MA),” jelas Ayub.

Dalam hal ini, Ayub mengatakan yang terpenting adalah kondusifitas Jember. Saat ini masyarakat Jember sudah cukup dewasa dalam menyikapi dinamika politik yang ada. “Buktinya kemarin kan nggak ada apa-apa. Masyarakat Jember ini sudah pandai menilai kok. Mana yang benar dan mana yang salah,” pungkasnya.

Oleh sebab itu, Ayub berharap tidak ada kekhawatiran yang berlebih dalam menyikapi adanya pemakzulan kepada Bupati Jember. Dirinya menilai, karena hal itu juga merupakan bagian dalam pendewasaan dalam berpolitik.

“Bahwa ada pro dan kontra itu sudah biasa di alam demokrasi. Apalagi ini kan bukan Orde Baru. Kalau Orde Baru kan harus pro semua. Kalau kontra bisa hilang sampean,” selorohnya. [hy]