Ini Profil Robert Pakpahan, Dirjen Pajak yang Baru

Jakarta, Jatimpost.com – Robert Pakpahan resmi menjadi Direktur Jendral Pajak (Dirjen Pajak) menggantikan Ken Dwijuasteadi direktur sebelumnya yang pensiun pada tanggal 1 Desember 2017.

Sebelum resmi dilantik, Robert menjabat sebagai  Jenderal Pengelolaan Pembiayaan Risiko. Dia menjabat di jabatan tersebut mulai tahun 2015 setelah ada perombakan struktur organisasi pada 2013. Kini posisinya digantikan oleh Lucky Firmansyah yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Kebijakan Penerimaan Negara.

Pada tahun 2014, Robert juga sempat mengikuti bursa pemilihan Dirjen Pajak. Sayangnya dia gagal pada seleksi  tahap kedua rekrutmen terbuka untuk menduduki posisi orang nomer satu di Direktorar Jendar Pajak.

Pria kelahiran Tanjung Balai, Sumatera Utara, pada 20 Oktober 1959 itu sudah lama berkecimpung di dunia perekonomian. Robert perna belajar di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Dia mengambil Diploma III Keuangan Spesialisasi Akuntansi dan lulus pada 1981.

Setelah Diploma III, Robert melanjutkan studinya ke Diploma IV di kampus yang sama pada 1985. Tidak hanya sampai Diploma IV, dia kemudian hijrah ke Amerika untuk meraih gelar Doctor of Phylosophi in Economic dari University of North Carolina pada 1988.

Selain bertugas di Kementerian Keuangan, Robert Pakpahan menjabat sebagai direktur di Credit Guarantee and Investment Facility yang mewakili ASEAN sejak Maret 2014. Robert juga ditunjuk sebagai Komisioner di Indonesia Deposit Insurance Corporation sejak April 2016 dan Komisioner di Indonesia Infrastructure Finance. [red]