Ini Pesan SBY Kepada Siswa-Siswi SMAN 1 Pacitan

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat memberikan sambutan di acara HUT SMAN 1 Pacitan

Pacitan, Jatimpost.com – Mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan beberapa kiat sukses kepada siswa-siswi SMAN 1 Pacitan saat acara HUT. Dalam acara tersebut SBY tampil secara virtual, Rabu (28/8/21).

“Sukses pada saat bersekolah di SMA ini maupun sukses nanti setelah mengikuti perjalanan hidup berikutnya setelah selesai pendidikan di SMA,” kata SBY seperti disiarkan di akun YouTube SMAN 1 Pacitan.

Salam pidatonya yang bertemakan ‘Jalan Menuju Sukse’ SBY kesuksesan tidak bisa didapatakan begitu saja, butuh proses dan kerja keras. Ia mengatakan, tahapan sukses itu dibagi menjadi tiga hal. Pertama adalah cita-cita. Hal itu penting supaya perjalanan hidup seseorang memiliki tujuan. SBY pun mengibaratkan orang tanpa cita-cita seperti berjalan namun arahnya tak menentu.

“Intinya, what do you want to be? Ingin menjadi apa kelak?,” kata SBY.

Berikutnya lanjut SBY, adalah menentukan sasaran. Itu harus dilakukan sejak para siswa duduk di bangku sekolah. Tentu saja raihan nilai merupakan prestasi yang diidamkan hampir setiap orang. Hal tersebut, menurut SBY baik.

Di sisi lain ada sebagian siswa yang juga aktif kegiatan diluar kelas. Misalnya aktif berorganisasi, mengikuti kegaitan ekstrakulikuler.

Ada yang ingin menjadi seniman, budayawan? Boleh,” ucap SBY.

SBY pun mengenang saat dirinya masih mengenyam pendidikan di lembaga pendidikan di Jalan Letjen Suprapto tersebut. SBY muda memang selalu berupaya meraih nilai akademik bagus. Hanya saja, di luar itu banyak waktunya diisi dengan kegiatan lain.

“Saya juga aktif di organisasi intra sekolah, saya juga aktif utamanya bola voli, boleh dikata tiada hari tanpa bermain voli. Saya juga aktif mengikuti grup band,” tutur SBY bernostalgia.

SBY mengingatkan jika di setiap tingkatan kehidupan, manusia akan dihadapkan pada persoalan. Hal tersebut harus dihadapi. Sebab pada dasarnya tiap masalah pasti ada solusinya. Sikap pantang menyerah sekaligus kiat ketiga untuk meraih sukses.

“From crisis to opportunity. kalau ada masalah berusahalah sekuat tenaga sambil memohon pertolongan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa,” pesan SBY.

Peringatan HUT ke-57 SMAN 1 Pacitan juga dirangkai dengan webinar dengan topik ‘Tetap Berprestasi di Masa Pandemi’. Sejumlah alumni tampil sebagai nara sumber. Antara lain Ketua Umum Ikatan Praktisi dan Ahli Demografi Indonesia (IPADI) Sudibyo Alimoeso serta Ketua Prodi Budidaya Perairan FPIK IPB Munti Yuhana.