Hari Santri Nasional, PKB Sidoarjo Gelar Upacara Hingga Bagikan Beasiswa

Jatimpost.com – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sidoarjo menggelar upacara bendera. Selain menggelar upacara bendera, dalam momentum spesial kali ini, PKB Sidoarjo juga membagikan beasiswa kepada sejumlah santri berprestasi dengan nominal 2 juta rupiah per orang.

Ketua DPC PKB Sidoarjo, H. Subandi dalam sambutanya mengajak para santri menjadikan momentum hari santri untuk mengenang perjuangan para syuhadak dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Momen ini kita memaknai HSN sebagai ajang silaturahmi dengan santri, dan mengingat perjuangan tokoh dan para pendahulu kita,” ujar Subandi yang juga wakil Bupati Sidoarjo, Jumat (22/10/2021).

Subandi mengatakan, santri adalah bagian penting dari kemerdekaan republik ini. Narasi kepahlawanan dalam babakan sejarah kemerdekaan tak bisa serta merta dihilangkan begitu saja.

“Spirit dan nilai-nilai perjuangan santri harus tertanam pula pada setiap kehidupan. Tetap memperjuangkan nasib rakyat,” tutur Subandi saat menjadi pembina upacara Hari Santri.

Terkait tema ‘Santri Siaga Jiwa Raga’, Subandi menganggap hal itu merupakan upaya pemberdayaan masyarakat secara umum yang dimandatkan kepada pondok pesantren dan kalangan santri.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengajak para kader dan pengurus PKB Sidoarjo mengawal eksistensi pesantren, komitmen pemerintah pusat untuk membangun bangsa lewat santri harus selaras dengan daerah.

“Santri harus siap jiwa dan raga dalam membangun negeri,” pungkasnya.

Untuk diketahui, upacara yang dilaksanakan di halaman kantor DPC PKB Sidoarjo itu diikuti oleh pengurus NU dan Banom, Pengurus DPC dan DPAC PKB serta Fraksi PKB Sidoarjo.