Fraksi PKB Singgung RPJMD Kabupaten Situbondo Tidak Konsisten Dengan Visi-Misi Bupati

Ketua Fraksi PKB Situbondo Mohammad Badri

Situbondo, Jatimpost.com – Fraksi PKB memberikan tanggapan atas penyusunan rancangan awal RPJMD 2021-2026, Kepala Daerah Kabupaten Situbondo yang telah dituangkan dalam tanggapan F-PKB pada rapat Paripurna di gedung DPRD, Sabtu (24/4/2021).

Salah satu yang menjadi perhatian Fraksi PKB yaitu kurangnya konsistensi Tim Penyusun RPJMD dalam menerjemahkan visi dan misi Bupati. Seperti yang tertuang dalam visi dan misi Bupati yaitu; Mewujudkan Masyarakat Situbondo yang Berakhlak, Sejahtera, Adil dan Berdaya.

Fraksi PKB konsen dalam mewujudkan masyarakat yang berakhlak, tentunya diterjemahkan dalam misi bupati; Mewujudkan Masyarakat yang Harmonis dan Religius. Isu strategis yang harus di dorong dari misi tersebut adalah meningkatkan sarana prasarana tempat ibadah dan pesantren di Bumi Sholawat Nariyah ini.

Pesantren merupakan lembaga pendidikan keagamaan yang telah di akui memiliki kontribusi jelas dalam mencerdaskan, memperbaiki moral dan mensholehkan kehidupan masyarakat. Sehingga pesantren sangat layak untuk di support oleh Pemerintah Daerah Situbondo.

“Dalam rangka mewujudkan visi dan misi ini, harus ada support pendanaan yang cukup oleh pemerintah daerah, sehingga pondok pesantren bisa berjalan dan berfungsi dengan baik. Naifnya, dalam RPJMD 2021-2026 yang telah dilakukan pembahasan awal ini, tidak ada sama sekali support tersebut. Baik dalam tujuan, sasaran dan program pembangunan daerah, serta dalam kerangka pendanaan perangkat daerah,” jelas Mohammad Badri, Jubir Fraksi PKB Situbondo.

Fraksi PKB sangat mendorong Pemerintah Daerah, agar dapat memberikan anggaran untuk pondok pesantren yang ada di Kabupaten Situbondo. [*]