Dua Dokter di Bangkalan Positif Covid-19 Kategori Orang Tanpa Gejala

Foto Istimewa

Bangkalan – Pasangan dokter di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur positif terpapar virus corona atau Covid-19. Suami istri dari Kecamatan Klampis ini dievakusi ke RSUD Syamrabu untuk menjalani perawatan isolasi.

Keduanya dipastikan terpapar virus Corona (Covid-19) berdasarkan hasil tes swab dari Balitbangkes Jakarta. Tambahan pasien Covid-19 Pasutri tersebut juga diumumkan melalui website resmi Provinsi Jatim. Total, di Kabupaten Bangkalan ada 3 kasus positif.

“Yang bersangkutan sudah menyatakan kesiapan dan menunjukkan sikap koperatif untuk menjalani isolasi,” terang Humas gugus tugas penanganan Corona Kabupaten Bangkalan, Agus Sugianto Zein, Sabtu (11/4/2020).

Selain itu, pihaknya akan menelusuri seluruh orang yang pernah melakukan kontak langsung dengan dua pasien Covid-19 kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) tersebut. Hal ini akan membutuhkan waktu. Karena keduanya merupakan tenaga medis (Dokter, red) di RSUD Syamrabu dan juga RSU Lukas Bangkalan. Selain itu, di rumah kedua pasien juga membuka praktek.

“Kami meminta peran serta masyarakat yang pernah kontak dengan kedua OTG  harus berkomunikasi dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penaganan Covid-19, baik yang ada di Kota Bangkalan ataupun yang ada di Kecamatan Klampis. Hal ini dalam rangka mempermudah proses tracking sekaligus mempermudah surveilans baik dari RSUD Syamrabu ataupun Puskesmaa Klampis,”  tandasnya.

Sekadar diketahui, sebelumnya salah satu OTG merupakan tenaga medis yang ditunjuk untuk melakukan pelatihan Tim Kesehatan Haji Indonesia di Surabaya. Dalam tim pelatihan tersebut, terdapat satu orang terkonfirmasi sehingga seluruh anggotanya dilakukan pemeriksaan.