Ditengah Kesibukan Sebagai DPRD, Rutinitas Ngaji Kitab Kuning Gus Atho’ Terus Jalan

Jatimpost.com – Ahmad Athoillah yang saat ini menjabat sebagai Anggota Fraksi PKB DPRD Jawa Timur tak lantas meninggalkan kebiasaannya untuk ngaji bareng kitab kuning “Nashihul Ibad” bersama warga Jombang. Kegiatan rutinitas 2 minggu sekali dengan cara keliling masjid atau rumah warga secara bergantian.

Minggu malam, 11 Oktober 2020, pria yang biasa disapa Gus Atho’ tersebut tampak ngaji bareng warga Jombang di Masjid Alhikmah Sengon Jombang. Sebagaimana kultur yang ada, ngaji kitab kuning tidak hanya khusuk terhadap apa yang sedang menjadi pembahasan, akan tetapi selalu diselangi dengan canda dan menimbulkan tawa dalam suasana keakraban.

Salah satu warga, Imam Mawardi menyampaikan suka citanya dengan adanya adanya tradisi ngaji kitab kuning keliling. Selain menambah keilmuan, juga untuk menjalan silaturahmi.

“Saya senang wakil kita tidak hanya jago mengawal aspirasi masyarakat, tapi juga tetap menjaga tradisi ngaji kitab Kuning, sebagai ciri khas warga Nahdlatul Ulama”. Ungkapnya.

Ia menyampaikan rasa kagum terhadap Gus Atho’ dengan rutinitas jadwal Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur yang padat masih menyempatkan untuk nguri-nguri tradisi ngaji kitab Kuning. Kegiatan tersebut diharapkan juga bisa dicontoh dan diikuti oleh seluruh pejabat baik ditataran legislatif maupun eksekutif.

Tidak hanya warga yang hadir dalam kegiatan ngaji tersebut, Gus Jauharudin Al Fatih, ketua PC RMI NU Jombang, Ketua DPC F Sarbumusi NU Jombang Pak Lutvi juga turut hadir. Gus Din di kesempatan tersebut juga memberikan tausiah tentang pentingnya kesadaran keimanan kita terhadap Qadla dan Qodar Allah SWT dalam mentaati anjuran pemerintah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, Gus Didin juga menaruh harapan rutinitas ngaji keliling ini tetap istiqomah dilaksanakan.