Diguyur Hujan Selama 2 Jam, Sumenep Terendam Banjir

SUMENEP, jatimpost.com – Beberapa kawasan permukiman warga di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, sejak Senin (26/2) siang terendam banjir. Air yang menggenangi puluhan rumah warga ini berasal dari curah hujan yang tinggi sejak beberapa hari terakhir ditambah luapan air dari Kali Marengan.

“Banjir yang terjadi baru pertama kali dialami oleh warga yang tinggal di Perumahan Pondok Marengan Indah,” jelas Agus, warga yang rumahnya terendam banjir, Senin (26/2).

Puncaknya, hujan dengan intensitas deras yang terjadi selama dua jam pada siang tadi membuat Kali Marengan tak dapat menampung debit air. Akibatnya, air kali meluap hingga menggenangi rumah-rumah warga yang berada di sekelilingnya.

Banjir yang terjadi juga merendam sejumlah ruas jalan utama di wilayah tersebut. Karenanya, kendaraan roda dua yang nekat melintas jadi korban. Kendaraan mereka mogok di tengah jalan.

Menurut keterangan warga, banjir merendam kawasan permukiman penduduk mulai dari Jalan Raya Kalianget yang berada di Desa Marengan Daya dan Marengan Laok, Kecamatan Kalianget.

Karena banjir baru terjadi pertama kali, warga setempat berharap pemerintah segera melakukan langkah serta memperbaiki saluran pembuangan air serta dinding penahan luapan kali Marengan.

“Banyak warga khawatir hujan deras akan kembali terjadi dan membuat luapan banjir semakin tinggi,” tutup Agus.