Di Probolinggo, Komunitas Peduli Lingkungan Deklarasi Dukungan ke Gus Muhaimin Sebagai Capres 2024

Jatimpost.com – Demam deklarasi di Jawa Timur rupanya belum surut. Terkini, puluhan orang dari berbagai komunitas yang tergabung dalam komunitas milenial peduli lingkungan berbondong-bondong ke pantai Permata Kota Probolinggo. Selain melakukan aksi penghijauan, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk deklarasi dukungan kepada Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin untuk maju di Pilpres 2024.

Komunitas yang terdiri dari berbagai elemen itu mendukung Gus Muhaimin lantaran keponakan Gus Dur itu dirasa merupakan sosok yang tepat memimpin Indonesia nantinya.

“Gus Muhaimin merupakan sosok pemimpin yang dapat merangkul semua kelompok masyarakat dari berbagai kalangan, mampu menampung aspirasi dan mengayomi rakyat kecil, peduli terhadap lingkungan,” kata Atmadi selaku koordinator komunitas, Jum’at (4/2/2022).

Selain itu, menurut Atmadi, kiprah Gus Muhaimin sebagai tokoh yang pro rakyat sudah dikenal luas di kalangannya. Terutama concernnya terhadap lingkungan dan ekonomi rakyat.

“Kami menilai Gus Muhaimin sebagai tokoh nasional yang bijak, pro rakyat kecil dan mampu memperbaiki permasalahan yang ada. Utamanya permasalahan tentang lingkungan dan pemulihan pariwisata pasca pandemi,” tambahnya.

Di tempat yang sama, salah satu peserta deklarasi bernama Wafi mengatakan bahwa ia mengikuti deklarasi ini karena tertarik dengan sosok Gus Muhaimin yang konsisten dan peduli terhadap nasib para santri.

“Gus Muhaimin juga kami nilai sebagai tokoh yang bisa mewakili kaum santri untuk bisa memajukan bangsa,” tambah Wafi salah satu peserta aksi.

Acara yang dikemas melalui deklarasi dan aksi tanam pohon mangrove tersebut juga mendapat simpati dari salah satu komunitas slankers di Probolinggo. Salah satunya adalah Cak Tembir yang merupakan pentolan dari komunitas tersebut. Cak Tembir berharap aksi ini bisa dilakukan di seluruh wilayah pesisir di Jawa Timur agar iklim lingkungan semakin bersih dari polusi.

“Kedepannya kami akan bersih bersih pantai sebagai bentuk cinta kita kepada lingkungan,” tandas Cak Tembir peserta deklarasi dari komunitas Slankers.

Untuk diketahui, komunitas yang ikut dalam aksi deklarasi dukung Gus Muhaimin terdiri dari pecinta alam, pecinta seni, komunitas gambus Probolinggo, Slankers, Pekerja seni, komunitas UMKM, fans band, dan petani milenial. Mereka mendeklarasikan dukungannya di tengah hutan mangrove pantai permata kota Probolinggo.