Dewan Jatim Bisa Jadi Pendamping Masyarakat Selama PPKM Darurat

Sekretaris DPW PKB Jawa Timur Anik Maslachah

Jatimpost.com – Selururuh kegiatan kedewanan di DPRD Jawa Timur terpaksa harus dilakukan secara daring, baik itu dalam menjalankan fungsi monitoring ataupun budgeting. Terlebih lagi kegiatan-kegiatan kunjungan kerja dan hearing saat ini dilakukan secara daring. Hal tersebut dalam rangka mendukung PPKM darurat dalam pemcegahan penyebaran covid-19.

Meski demikian, fungsi-fungsi lain kedewan tetap harus berjalan sebagaimana disampaikan Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Anik Maslachah. Anik menuturkan bahwa dewan Jatim bisa melakukan pendampingan terhadap masyarakat dalam menjalankan PPKM darurat, utamanya bagi masyarakat atau warga yang sedang menjalani isolasi mendiri. Sehingga para dewan bisa turun langsung berkegiatan di dapilnya memantau pelaksanaan PPKM dan sosialisasi pentingnya menjaga prokes ditengah tingginya wabah covid-19 di Jawa Timur.

“Kita seluruh anggota DPRD Jawa Timur diharapkan melakukan edukasi dan pendampingan masyarakat di Dapil masing-masing untuk tetap melaksanakan 5M,” ungkapnya.

 Sekretaris DPW PKB Jawa Timur itu menuturkan bahwa masyarakat saat ini membutuhakn ektra perhatian dari pemerintah, tak terkecuali dari dewan wakil rakyat. Bantuan kesehatan dan pemenuhan sembako juga menjadi kebutuhan utama masyarakat ditengah terbatasnya berkegiatan mencari nafkah. Sehingga dewan bisa hadir memberikan bantuan setidaknya kemudahan akses kesehatan untuk mereka yang sedang menbutuhkan.

Sebab dengan kondisi saat ini, masyarakat sangat rentan terjadi masalah sosial. Terlibih banyaknya informasi yang tidak akurat terkait wabah covid-19 dan menyebakan masyarakat mudah terprovokasi.