Covid-19 Semakin Meluas, 12 Daerah di Jatim Masuk Dalam Kategori Zona Merah

Peta sebaran Covid-19 di Jatim (foto: infocovid19.jatimprov.go.id)

Surabaya, Jatimpost.com – Pandemi virus Corona (Covid-19) di Jawa Timur semakin meluas. Hingga Jumat (27/3/20) total ada 12 daerah di Jatim masuk dalam kategori zona merah yang sebelumya berjumlah 8 daerah.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebutkan ada tambahan 4 daerah yang masuk dalam kategori zona merah, diantaranya Situbondo, Jember, Lumajan dan Kota Batu.

“Jadi ada 4 wilayah baru yang masuk kategori zona merah yakni Situbondo, Lumajang, Jember dan Kota Batu. Wilayah-wilayah tersebut sebelumnya tidak masuk zona merah,” kata Khofifah di Gedung Grahadi Surabaya, Jumat (27/3/20).

Masuknya empat daerah tersebut kedalam kategori zona merah menurut Khofifah adalah karena keempat daerah itu memiliki pasien yang positif Corona. Sebelumnya masing-masing daerah tersebut masih dalam status zona hijau atau hanya memiliki Orang Dalam Pantauan (ODP) dan zona kuning yaitu ada Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Seperti Kota Batu sebelumnya hijau hanya ODP kini ada pasien positif. Kalau wilayah Situbondo, Jember dan Lumajang sebelumnya zona kuning karena memiliki pasien PDP,” terangnya.

Mantan Menteri Sosial itu melanjutkan, total ada 12 Kabupaten/Kota di Jatim masuk dalam kategori zona merah. Rinciannya adalah Kota Surabaya (33 positif), Kabupaten Sidoarjo (8 positif), Kabupaten Gresik (1 positif), Kota Batu (1 positif), Kabupaten Malang (5 positif), Kota Malang (3 positif), Kabupaten Blitar (1 positif), Kabupaten Jember (1 positif), Kabupaten Situbondo (2 positif), Kabupaten Lumajang (1 positif), Kabupaten Magetan (8 positif) dan Kabupaten Kediri (2 positif).

Sementara itu, update kasus Corona di Jatim hingga Jumat (27/3) ada 3.781 ODP, 267 PDP dan 66 positif corona. Semua Kabupaten/Kota di Jatim telah memiliki kasus corona di wilayahnya. [hy]