Cak Thoriq Berharap UMKM Jadi Penopang Ekonomi Lumajang

Bupati Lumajang Thoriqul saat melihat produski UMKM disektor kopi di Pasrujambe

Lumajang, Jatimpost.com – Di masa pandemi seperti sekarang ini, Bupati Lumajang berharap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa menjadi penopang bagi perekonomian di Kabupaten Lumajang. Sebab, UMKM sebagai sektor ekonomi reel yang ada di masyarakat dengan distribusi perputaran di tingkat bawah.

“Berharap pada dunia industri problemnya tidak sederhana, karena berkenaan dengan distribusi, berkenaan dengan kontinuitas produk dan berkenaan dengan impor-ekspor,” ujar Thoriqul Haq, saat melihat produski UMKM disektor kopi di Pasrujambe, Rabu (18/11/20).

Pada dasarnya, perputaran uang yang ada di tingkat UMKM tidak begitu besar, namun memiliki siklus perputaran yang begitu cepat. Oleh sebab itu daya beli masyarakat harus didorong oleh pemerintah.

Dengan diberikannya program bantuan langsung tunai (BLT), mulai dari Kementrian Sosial, Kementrian Koperasi dan UKM dan Kementrian Ketenagakerjaan bisa menjadi dasar bagi pegiat UMKM untuk lebih produktif. Tak hanya itu, program padat karya juga mulai dilakukan di tingkat desa dengan pekerja dari masyarakat sekitar.

“Saya mengapresisi program pemerintah pusat yang memberikan bantuan modal bagi UMKM, selain untuk produktifitas juga untuk penguatan daya beli,” jelas Bupati yang akrab disapa cak Thoriq itu.

Cak Thoriq menambahkan, karena masih dalam masa pandemi Covid 19, pihaknya meminta agar pelaku UMKM tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin. Pastikan saat melayani pelanggan memakai masker dan mencuci tangan setelah bertransaksi.

“Penting disiplin terapkan protokol kesehatan agar bisa memutus mata rantai Covid 19,” pungkasnya.