Angin Kencang Landa Kabupaten Blitar, Belasan Rumah Rusak Tertimpa Pohon

Foto Istimewa

Blitar – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda dua desa di Kabupaten Blitar Jawa Timur merusak belasan rumah warga. 11 rumah warga dan mobil milik warga rusak tertimpa pohon tumbang akibat angin kencang.

Peristiwa itu terjadi Selasa sore menjelang magrib itu terjadi di dua desa yang terdampak. Yakni Desa Tunjung dan Bakung Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar.

BPBD Kabupaten Blitar mencatat, 11 rumah warga yang tertimpa pohon. Di Desa Tunjung 10 rumah, di antaranya milik Duki, Rois dan Toyah. Sebuah mobil milik Rois juga rusak berat tertimpa pohon yang roboh. Sedangkan di Desa Bakung, rumah dan kandang ternak yang tertimpa pohon roboh adalah milik Asrofi.

“Tidak ada korban jiwa. Namun kerusakan rumah yang tertimpa pohon roboh cukup berat,” kata Kepala BPBD Kabupaten Blitar, Achmad Cholik, Rabu (3/6/2020).

Pagi ini, tim gabungan menyingkirkan pohon-pohon yang tumbang itu dari atap rumah warga. Karena kemarin sore cuaca dan kondisi gelap tidak memungkinkan dilakukan assesment.

Kerusakan berat terjadi di bagian atap rumah, bahkan ada yang sampai ambruk beserta kayu penyangganya. Petugas yang datang ke lokasi tidak bisa mengoperasikan alat yang mereka bawa, karena listrik menyusul padam.

“Pagi ini baru kerja bakti. Kami libatkan tim gabungan dari BPBD, TNI-Polri dan warga. Kerugian material juga belum bisa dihitung karena kondisi terkini kami belum tahu,” pungkasnya.

Cholik menambahkan, sampai saat ini petugas masih melakukan pendataan kerusakan akibat hujan lebat itu.

“Dampak dan kerugian akibat puting beliung ini belum bisa kami rinci, pasalnya banyak kerusakan yang masih harus didata, seperti mobil, ternak dan material lanya,” tandasnya.