Anggota Fraksi PKB Aisyah Lilia Pastikan Warga Desa Cermo Madiun Dapat Bantuan Saluran Air Minum

Jatimpost.com – Anggota Fraksi PKB DPRD Jawa Timur Aisyah Lilia Agustina atau yang bisa disapa Ning Icha memastikan bahwa warga Desa Cermo Kecamatan Kare Kabupaten Madiun dalam waktu dekat, akhir tahun akan dapat bantuan saluran air minum. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ning Icha mengunjungi lokasi penampungai air terdekat dari pemukiman warga.

Angota Komisi A DPRD Jawa Timur itu menceritakan bahwa Desa Cermo berada di lereng pengunangan sehingga warga yang tinggal di desa tersebut sulit mendapatkan air minum, karena jaraknya yang jauh dari sumber mata air. Selama ini, warga sudah berinisiatif dengan membentuk kelompok air bernama Tirto Makmur. Kelompok masyarakat tersebut membeli pipa seadanya dengan cara arisan dan iuran wajib untuk membuat saluran air dari Gunung Wilis.

Karena terbatas dana atau anggaran, pipa yang dibelipun dengan kualitas yang kurang baik, sehingga warga harus bolak balik melakukan perawatan. “Alhamdulillah dalam waktu dekat, mentok akhir tahun, bantuan saluran air bisa dirasakan warga. Bantuan tersebut bersumber dari APBD Jatim yang berhasil kita perjuangkan,” ungkap usai disela-sela acara serap aspirasi bersama warga Desa Cermo Kecamatan Kare Kabupaten Madiun, Senin (9/11/2020).

Selain persoalan ketersediaan air yang segera teratasi tersebut, warga Desa Cermo yang mayoritas berprofesi sebagai petani coklat tak lupa menyampaikan keluh kesahnya kepada Aisyah Lilia. Keluh kesah dari petani coklat tersebut karena selama ini tidak mendapatkan intervensi program yang berpihak terhadap petani. Padahal, desa tersebut sebagai penghasil coklat tertinggi dibandingkan dengan daerah yang lain.

Mendengar hal tersebut, Aisyah Lilia berinisitif untuk melakukan kerja-kerja koordinasi dengan pihak dinas terkait di Kabupaten Madiun dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Sehingga ada program khusus dalam peningkatan dan pemberdayaan masyarakat petani coklat di Jawa Timur, khususnya di Desa Cermo Kab. Madiun.