Wujudkan Janji Kampanye, Bupati Pamekasan Ciptakan Wirausahawan Baru

Foto Istimewa

JatimPost, Pamekasan – Bupati Pamekasan Baddrut Tamam sedikit demi sedikit mulai mewujudkan janjinya saat kampanye Pilkada. Salah satu janjinya yakni, janji menciptakan wirausahawan baru. Hal itu diwujudkan dengan menyerahkan bantuan peralatan kerja dari CSR Bank Jatim kepada calon pengusaha baru di Mandhapa Agung Rongosukowati, Kamis (27/08/20).

Acara tersebut nampak dihadiri langsung oleh Direktur Operasi dan Teknologi Bank Jatim Pusat Toni Prasetyo, pimpinan Bank Jatim Pamekasan, Wakil Bupati Pamekasan Raja’e, serta sejumlah pimpinan OPD.

Adapun penerima bantuan CSR tersebut meliputi peserta program Wirausaha Baru yang direncanakan Pemkab Pamekasan. Program Wirausaha Baru merupakan program khusus dibidang ekonomi yang dirancang Pemerintah Kabupaten Pamekasan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program yang diberi nama “Saputangan Biru” ini bertujuan bisa menciptakan ribuan pengusaha baru dari Masyarakat Kabupaten Pamekasan.

Baddrut Tamam, dalam sambutannya, turut berterima kasih pada Bank Jatim atas bantuan yang diberikan. Ia berharap langkah ini juga bisa menginspirasi kalangan perbankan lainnya di Pamekasan. Menurutnya, peserta program Wirausaha Baru itu dari kalangan generasi muda yang sudah dilatih oleh Pemkab Pamekasan.

“Syukur Alhamdulillah, sekarang peserta akan dilatih mendapatkan bantuan peralatan usaha dari CSR Bank Jatim. Baru kemudian setelah itu alatnya sudah ada, kita akan menyiapkan dana channeling kerja sama pemerintah dengan perbankan untuk diberikan pinjaman dengan bunga 6 persen. 1 persen ditanggung oleh peserta, 5 persen akan ditanggung Pemkab,” jelasnya.

Para penerima bantuan itu, kata Baddrut Tamam, akan dilakukan pembinaan lebih lanjut untuk menambah komitmen untuk menjadi pengusaha. Setelah menghasilkan produk, mereka akan dicarikan pasar melalui offline maupun online.

Lanjut Baddrut, dari pemkab sendiri mendorong terciptanya pengusaha baru sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk memulihkan ekonomi pasca Covid-19. Dengan lahirnya pengusaha baru, ia berharap bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Pamekasan.